Begini Cara Kamu Capai Financial Freedom!

Uang

Oct 14, 2020

Financial freedom adalah kondisi di mana seseorang bebas secara finansial, dalam artian, keadaan di mana seseorang memiliki kekayaan yang mencukupi segala kebutuhannya untuk hidup tanpa harus bekerja sangat keras dan aktif untuk memenuhi kebutuhan yang sangat dasar seperti makan atau pun membeli pakaian.

Baca: Apa sih Fungsi Financial Planner dan Bagaimana Memilih yang Tepat?

Bagi seseorang yang sudah mencapai financial freedom, aset yang mereka miliki dapat menghasilkan uang yang nilainya lebih besar daripada biaya hidupnya.

Dengan pengertian financial freedom pula, seseorang bisa melakukan apapun yang ia kehendaki atau pun butuhkan dari segi keuangan.

Contoh seseorang yang sudah mencapai financial freedom itu seperti ini. Bila total pengeluarannya dalam sebulan menembus angka Rp 5.000.000 sedangkan ia mampu menghasilkan Rp 17.000.000 dari asetnya seperti bisnis atau investasi, dan mendapatkan penghasilan dari gajinya sebesar Rp 7.000.000, maka total pendapatannya dalam sebulan adalah Rp 24.000.000.

Sedangkan, untuk menutupi pengeluarannya dalam sebulan, ia hanya perlu mengeluarkan Rp 5.000.000 dari aset yang ia miliki, dan artinya, asetnya masih tersisa sebesar Rp 19.000.000 lagi.

Cara Mencapai Financial Freedom

Bila seperti itu, artinya orang tersebut sudah mencapai financial freedom.

Nah sekarang, bila kamu sering bertemu dengan seseorang dengan kondisi seperti itu dan ingin untuk mencapai financial freedom, berikut 5 tips yang bisa kamu coba untuk mencapai financial freedom:

1. Pahami Kondisi Finansial Sekarang

Sebenarnya, tidak penting berapa umurmu sekarang dan berapa penghasilan yang bisa kamu dapatkan dalam sebulan.

Pengertian Financial freedom tidak diukur dari berapa besar pendapatanmu, melainkan, apakah pendapatan tersebut bisa menutupi segala kebutuhanmu.

Pahami kondisi finansial Anda sekarang mulai dari berapa pengeluaran dan berapa pendapatanmu. Apakah pendapatan sudah mampu melunasi semua pengeluaran?

Bila belum, maka kamu belum bisa mencapai financial freedom.

Di sisi lain, kamu harus bisa menghitung berapa besar yang masih harus terpenuhi dalam sebulan agar pendapatan bisa lebih besar jumlahnya dibanding pengeluaran.

Dengan begitu, kamu kemudian bisa fokus dalam menentukan tujuan keuanganmu ke depan.

Baca: Angin Positif di Tengah Ketidakpastian Ekonomi, Harga Emas Naik Rp942 ribu per Gram

2. Tentukan Tujuan Keuangan

Tentukan tujuan keuanganmu terlebih dahulu agar untuk ke depannya kamu bisa lebih mudah dalam menyusun strategi untuk mencapainya.

Misalnya, di bulan ini kamu harus bisa menghemat sekitar 20% dari total pengeluaran di bulan sebelumnya. Kemudian, dalam beberapa bulan ke depan, kamu harus bisa menambah sebesar 40% pendapatan dari pendapatanmu saat ini.

Kamu kemudian dapat menyusun strategi apa yang tepat dan cocok bagimu untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut.

3. Cari Sumber Pendapatan Lain

Menciptakan aset yang mampu menghasilkan pendapatan tentu menjadi salah satu langkah penting untuk mencapai financial freedom.

Setelah kamu menciptakan aset tersebut, biarlah pendapatan dari aset itu yang menutup segala pengeluaran atau kebutuhanmu.

Sementara, pendapatan pokok digunakan untuk menciptakan aset lain atau pun memenuhi kepentingan lain di luar pengeluaran pokokmu.

Baca: Secepat Apa sih Pemulihan Ekonomi Pasca COVID-19, Apa Kabarnya Indonesia?

4. Investasi

Uang yang kamu miliki saat ini tidak akan pernah sama lagi nilainya pada lima tahun ke depan. Hal itu terjadi karena adanya inflasi.

Bila kamu menyimpan uang di bank, nilainya akan terus tergerus entah itu karena potongan pajak, biaya administrasi, hingga inflasi.

Namun, bila kamu menginvestasikan uangmu, uang tersebut seturut waktu akan terus bertambah nilainya. Oleh karena itu, jangan pernah membiarkan uangmu diam dalam tabungan.

Pilihlah instrumen investasi yang cocok dan tepat bagimu, seperti investasi emas, saham, properti, hingga investasi online P2P Lending.

Setiap instrumen tentunya memiliki risiko, oleh karena itu, pelajarilah cara kerja dan risiko masing-masing instrumen investasi sebelum memulai.

Nah, itu dia bbeerapa langkah untuk mencapai financial freedom, kamu sudah coba?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Baca juga: