Megxit, Pangeran Harry & Meghan Markle Tinggalkan Kerajaan Inggris, Apa Penyebabnya?

Jan 15, 2020

Pangeran Harry dan Meghan Markle, Duchess of Sussex, mengejutkan seisi dunia, dengan pengumuman yang belum pernah disaksikan keluarga Kerajaan Inggris sebelumnya. Mereka mengumumkan bahwa mereka ingin mengundurkan diri sebagai bangsawan senior.

Pengumuman ini agak sulit diterima publik. Mereka adalah pasangan kerajaan yang menyenangkan bagi publik.

Meghan selalu tampil di media dengan menghadirkan kegiatan pribadinya, mulai dari makan alpukat sampai mengenakan celana jins, atau ke Wimbledon dan terbang dengan jet pribadi.

Kerajaan Inggris
Sumber: New York Post

Namun, Pangeran Harry dan Meghan Markle umumkan keputusan bahwa mereka ingin mandiri secara finansial dari Kerajaan Inggris. Dan sementara itu, mereka akan tetap mendukung Yang Mulia Ratu.

Sejak pengumuman itu, berbagai sumber melaporkan bahwa anggota keluarga Kerajaan Inggris terkejut dengan keputusan mereka untuk mengundurkan diri, tetapi pilihan apa lagi yang dimiliki Sussex?

Baca juga: Panama Papers Buka Skandal Penghindaran Pajak Perusahaan Cangkang di Seluruh Dunia

Tinggalkan Kerajaan Inggris, Pangeran Harry dan Meghan Markle ingin mandiri secara finansial

Pangeran Harry dan Meghan Markle
Sumber: Sussex Royal

Harry dan Meghan mengumumkan perubahan besar mereka di Instagram Sussex Royal.

“Setelah beberapa bulan refleksi dan diskusi internal, tahun ini kami telah memilih untuk melakukan transisi untuk menciptakan peran baru yang progresif dalam lembaga ini,” tulis keduanya.

“Kami berencana untuk mundur sebagai anggota “senior” dari Keluarga Kerajaan Inggris dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu. Dengan dorongan kalian, terutama dalam beberapa tahun terakhir, kami merasa siap untuk melakukan penyesuaian ini.”

Pangeran Harry dan Meghan Markle selanjutnya akan menghabiskan lebih banyak waktu di Kanada dan Amerika Utara.

“Kami sekarang berencana untuk menyeimbangkan waktu kami antara Inggris dan Amerika Utara dan terus memenuhi kewajiban kami untuk Ratu,” ungkap pengumuman resmi mereka tersebut.

Dijelaskan dalam pengumuman tersebut, bahwa keseimbangan geografis ini memungkinkan mereka untuk mendidik putra mereka. Tentu, dengan tetap menghaturkan penghargaan atas tradisi kerajaan tempat kedua putra mereka dilahirkan.

Tapi, jangan khawatir, Pangeran Harry dan Meghan Markle menyebut bahwa mereka berupaya untuk tetap dapat berbagi semua detail dari langkah selanjutnya kepada media.

Pangeran Harry dalam menjalani kehidupan baru mereka di luar Kerajaan Inggris ini, bagaimanapun, akan tetap berkontak dengan pihak kerajaan.

Ia akan sambil terus bekerja dengan Yang Mulia Ratu, Pangeran Wales, Duke of Cambridge, dan semua pihak terkait.

Baca juga: Iran Serang Markas AS di Irak, Picu Kenaikan Harga Emas Dunia

Jawaban Sang Ratu atas Terbitnya Megxit

pangeran harry dan meghan
Sumber: People

Beberapa orang menjuluki keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk menjauhkan diri dari keluarga Kerajaan Inggris sebagai “Megxit.”

Ratu Elizabeth II bertemu Pangeran Charles, Pangeran William, dan Pangeran Harry untuk membahas masa depan Sussex setelah Megxit.

“Hari ini keluarga saya melakukan diskusi yang sangat konstruktif tentang masa depan cucu saya dan keluarganya,” ujar Ratu dalam sebuah pernyataan.

“Keluarga saya dan saya sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda,” Ratu memberikan persetujuan. Meski, Sang Ratu mengakui, bahwa ia lebih suka mereka tetap menjadi anggota penuh keluarga kerajaan.

Ratu Elizabeth II menghormati dan memahami keinginan mereka untuk menjalani kehidupan keluarga yang lebih mandiri. Tentu, ini dilakukan sambil tetap menjadi bagian yang berharga dari keluarga kerajaan Inggris.

Baca juga: Apa Pengaruh Pelemahan Ekonomi Global dengan Turunnya Harga Minyak Dunia?

Apa yang mendorong terjadinya Megxit dari Kerajaan Inggris?

Mexit
Sumber: CNN

Selain kritik dari Pangeran Harry dan Meghan Markle, desas-desus menyebutkan ketegangan antara pasangan itu dengan anggota keluarga kerajaan lainnya.

Menurut satu sumber, lantaran hal tersebut, pasangan merasa bahwa mereka tidak punya pilihan selain menjauhkan diri dari keluarga Kerajaan Inggris.

“Mereka tentu tidak ingin jadi seperti ini, tetapi Pangeran Harry dan Meghan Markle terpaksa melakukannya,” seorang teman pasangan itu mengatakan kepada jurnalis People. “Ada begitu banyak “bad blood” di keluarga itu, dan itu “toxic”,” ungkap sumber tersebut.

“Jika hubungannya lebih baik, tentu segalanya akan berbeda.” Sumber tersebut mengandaikan Megxit tidak perlu terjadi.

Pangeran Harry dan Meghan Markle telah memutuskan jalan mereka sendiri untuk “mandiri secara finansial”. Baik di Kanada atau wilayah Amerika Utara, mari kita beri “amin” untuk keputusan mereka ini?

Sumber: DGW

Simak juga:

10 Daftar Orang Terkaya di Dunia, Siapa Sih yang Paling Menginspirasi?

Hemat Waktu, Simak Tahapan Cara Registrasi SKCK Online di Sini!

27 Kata-kata Motivasi dari Tokoh Sukses Dunia Ini Jamin Bikin Kamu Semangat Lagi!

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Dibanderol Rp193 M, Majesty 140 Berhasil Jadi Yacht Termahal di Dunia