4 Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan pada Pakar Investasi

Uang blog-image

Oct 23, 2020

Beberapa pertanyaan kepada para pakar investasi yang kerap diajukan umumnya dapat membantu para pemula untuk berani terjun berinvestasi.

Internet pada hari ini memang menjawab berbagai pertanyaan kita, yang paling menakutkan dan paling banal sekalipun. Jika melihat berbagai forum, termasuk Reddit dan Quora, ada berbagai pertanyaan dengan ragam jawabannya.

Untuk belajar investasi pun, kita dapat menemukan banyak video YouTube atau akun Instagram dari para pakar investasi. Di tengah begitu bergelimpangnya dan mudahnya informasi diperoleh, bagaimana kita merasa yakin untuk mendapatkan informasi yang paling cocok?

Beberapa pertanyaan seputar investasi, begitu pula saran-saran dan panduan investasi, yang penting dikumpulkan dalam artikel ini. Ada 5 pertanyaan investasi yang kerap diajukan kepada para pakar investasi, beserta jawabannya.

Baca juga: Cara Memulai Investasi yang Tepat Bagi Pemula

Tanya kepada pakar investasi: ketika pensiun atau jelang hari tua, bagaimana kita akan mulai hidup dengan investasi kita?

Standar emas dari investasi yang baik adalah bahwa di masa tua nanti kita akan dapat hidup dari penghasilan pasif dan keuntungan portofolio investasi kita hari ini.

Karenanya, portofolio investasi kerap dilihat sebagai “hadiah yang terus memberi bagi investornya”. Jika kamu termasuk orang yang menanyakan pertanyaan ini pada para pakar investasi, kamu perlu meninjau beberapa hal.

Tinjaulah bagaimana kamu akan menghasilkan uang dari investasimu. Ada dua jalan yang umum.

Pertama, kamu akan memperoleh pembayaran dari deviden atau bunga, yang biasanya diterima tunai. Kedua, nilai investasi dapat meningkat seiring waktu. Dalam bahasa investasi schmancy, ini disebut sebagai “apresiasi harga investasi”.

Seorang pensiunan umumnya memanfaatkan kedua sumber keuntungan investasi ini.

Saya memiliki dua akun investasi, satu adalah investasi mandiri di pasar saham dengan jumlah kecil dan satunya lagi deposito teratur dengan bantuan robo-advisor. Apakah ini pendekatan oke untuk investasi?

Ini adalah jalan yang baik untuk berinvestasi. Kamu telah mengalokasikan sebagian besar portofoliomu dan melakukan diversifikasi yang tepat.

Untuk langkah selanjutnya, perhatikan bagaimana caramu membeli saham. Beberapa bank menerapkan biaya transaksi. Untuk setiap set saham yang kamu beli atau jual, berapa biaya administrasi yang perlu kamu keluarkan? Jangan sampai kamu menghabiskan lebih banyak uang daripada yang bisa kamu peroleh.

Selanjutnya, untuk robo-advisor, kamu perlu memahami cara kerja layanan yang diberikan. Sebagian besar robo-advisor akan memberimu informasi untuk membeli portofolio dana indeks, yakni campuran investasi yang mereka anggap sesuai dengan tujuan investasimu. Kamu mungkin akan juga dikenakan biaya manajemen. Para pakar investasi memprediksi biaya ini dikenakan sebesar 0,5% dari tarif yang berlaku.

Kamu tinggal pikirkan lagi, apakah biaya-biaya ini sepadan? Orang yang sadar biaya cenderung tidak bersedia membayar untuk sesuatu yang dapat ia lakukan sendiri. Dalam dunia investasi, bahkan bayaran 0,5% ata 1% sudah bisa dikatakan banyak. Pertimbangkan soal compound interest!

Baca juga: Cara Investasi Emas yang Menguntungkan, Bagaimana Caranya?

Tanya pada pakar investasi:  rekomendasi buku tentang cara memulai investasi?

Mulailah dengan Broke Millennial Takes on Investing, oleh Erin Lowry. Lowry terbilang cerdas dan cerdik. Bukunya ini akan membuatmu bersemangat untuk mulai investasi. Pakar investasi umumnya merekomendasikannya karena bahasanya yang membumi dan benar-benar bisa dinikmati.

Favorit sepanjang masa perihal investasi, selain itu, adalah The Little Book of Common Sense Investing, karangan John Bogle. Bogle mempopulerkan dana indeks, bahkan memungkinkan para investor pemula untuk memahami bagaimana pasar saham bekerja. Dia juga punya selera humor yang bagus.

Untuk informasi online dan gratis tentang investasi, coba tengok The Stock Series oleh JL Collins.

Berapa banyak uang yang diperlukan untuk mulai investasi?

Mulailah dengan angka berapa pun yang membuatmu nyaman.

Berikut ini aturan praktis memulai investasi: Pertama, jangan investasikan uang yang kamu merasa tidak rela kehilangannya. Artinya, kamu perlu memastikan punya dana darurat sebelum terjun ke dunia investasi.

Kedua, ketahuilah bahwa volatilitas (naik turunnya pasar yang aneh) adalah bagian dari investasi. Jika ingin berinvestasi, kamu mesti paham membaca volatilitas ini.

Terakhir, sesuai petuah para pakar investasi, latih kesabaranmu. Pasar saham dan pasar-pasar lainnya bergerak amat cepat (volatile). Lebih baik mengabaikan “drama pasar” dan terus memupuk uang dalam portofolio investasimu.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: The Financial Diet

Simak juga:

Bantu kami membangun aplikasi investasi yang sesuai untukmu

Unduh aplikasi Pluang di iOS atau Android dan bergabunglah bersama lebih dari 800.000+ orang yang telah merubah cara mereka berinvestasi.

google-play apple-store