Mau Coba Tren Bisnis Goyang Lidah? Ini 17 Ide Usaha Makanan Unik Untukmu

Jan 08, 2020

Bisnis makanan unik makin menjanjikan seiring pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia. Melihat konsumen yang suka “coba-coba”, usaha makanan unik tentu bisa beri kamu benchmark untuk bersaing dengan bisnis makanan yang telah berdiri lebih lama.

Banyak bisnis makanan unik kekinian yang sukses menyambut kebutuhan tinggi masyarakat akan jenis fusion makanan favorit mereka.

Yang perlu kamu lakukan sebelum bikin usaha, lihat tren bisnis makanan unik yang sedang diminati. Ini penting, karena biasanya ketika green tea dan matcha latte sedang populer, begitu banyak waralaba ikut bikin bisnis yang sama.

Jika kamu salah satu pebisnis yang tertarik menjajal usaha makanan unik ini, tentukan jenis makanan unik yang paling diminati di daerahmu. Maka, kamu tinggal membuka gerai di depan rumah dan konsumen pun banjir berdatangan.

Sebagai pebisnis, kamu tentunya mesti percaya bahwa akan selalu ada yang baru dan mendatangkan untung.

Lirik makanan unik yang sedang ramai jadi tren, lalu kreasikan dengan ide paling kreatif yang kamu bayangkan.

Modal utama saat memilih jajal bisnis kuliner makanan unik adalah kamu punya kualitas bahan makanan yang bagus dan juga mampu bikin inovasi yang oke.

Yuk, kita lihat jenis makanan unik yang sedang tren di Indonesia ini. Dari ramen yang jadi burger atau keju dicampur di teh atau kopi, semuanya tersedia.

Baca juga: 21 Usaha Sampingan dengan Modal Minim yang Jamin Bikin Kamu Cuan

#1 Usaha makanan unik – belalang goreng

usaha makanan unik

Mulanya, belalang goreng ini identik dengan makanan khas di daerah Gunung Kidul. Wilayah gersang pegunungan karst di bagian Gunung Kidul itu memang menjajakan menu ini untuk menghangatkan tubuh. Terutama ketika malam suhu udara berubah lebih dingin.

Kini, ini jadi bisnis makanan unik yang banyak diminati. Cukup banyak konsumen yang tertarik mencari tahu khasiat belalang yang konon banyak mengandung protein.

Konon, mengonsumsi makanan unik satu ini bisa beri banyak manfaat. Dari cerdaskan otak hingga menjaga kesehatan tulang.

#2 Makanan unik – burger hitam

Biasanya roti bun burger hanya berwarna cokelat muda. Tapi belakangan ini, ada banyak varian warna burger, dari merah, hijau, hingga hitam. Burger hitam jadi salah satu makanan unik yang tren belakangan ini.

Modal yang diperlukan untuk memulai usaha kreatif jualan burger hitam ini sekitar Rp5 jutaan, sementara omzetnya bisa tembus hingga Rp10 juta per bulan.

#3 Semangka goreng

usaha makanan unik

Biasanya, kita membayangkan segarnya makan semangka apalagi saat berjemur di pinggir pantai. Atau, diidamkan saat mencuci mulut. Tapi, pernah terbayang untuk makan semangka digoreng?

Nah, belakangan ini berkembang usaha makanan unik dengan menggoreng semangka. Prosesnya sama seperti bikin pisang goreng. Mumpung lagi tren, tak ada salahnya kamu ikut membuka bisnis ini. Dengan modal minim dan sedang dicari, cuanmu bakal gede!

#4 Es krim goreng

es krim goreng
Sumber: Flickr

Menikmati es krim dingin? Ah, sudah biasa. Yang lebih unik dan kreatif, kini ada usaha makanan es krim goreng. Kamu bisa menikmati hangatnya gorengan dan dinginnya es krim di saat bersamaan, lumer di bibir.

Dengan paradoksnya jenis makanan satu ini,

#5 Ramen burger

ramen burger

Suka makan ramen dan burger? Dua jenis makanan dari budaya Timur dan Barat ini kini rupanya di-fusion jadi satu, lho, oleh para pebisnis usaha ini!

Ramen kering dijadikan pengganti roti bun burger untuk mengapit daging ham. Usaha ramen burger ini umumnya membutuhkan modal Rp5 juta per bulan dengan omzet hingga dua kali lipatnya!

Baca juga: Ramai Bisnis Boba Tea & Minuman Kekinian, Bagaimana Sih Cara Memulainya?

#6 Oreo goreng

usaha makanan unik

Suka makan oreo? Siapa, sih, yang tidak ingat cara makan oreo dengan mencelupkannya pada susu dan menjilat krim vanilanya? Nah, terbayang cara makan oreo yang lain?

Kini, kita bisa temukan oreo goreng dan cara baru menikmati biskuit yang tak lekang oleh zaman ini. Tentu, sebaiknya kamu tidak berhenti jadi konsumen saja. Coba usaha makanan unik ini dengan modal Rp3-10 juta saja.

Sebaiknya kamu sediakan juga microwave untuk menghangatkan oreo goreng yang sudah kamu sediakan, karena cara makan terbaik oreo goreng ini adalah saat dimakan hangat-hangat.

#7 Teh dan kopi keju

usaha makanan unik

Keju kini jadi populer dicampurkan pada banyak jenis makanan. Mulai dari roti-rotian hingga dicampurkan pada minuman. Teh dan kopi keju pun jadi jajanan lazim yang dinikmati milenial hari ini.

Memulainya pun tidak susah, usaha makanan unik ini membutuhkan modal investasi sekitar Rp10 juta dengan omezet per bulan hingga Rp13 juta.

#8 Makanan unik – Peach gum dessert

Sumber: Endeus

Makanan penutup ini sedang hits belakangan ini. Peach gum terbuat dari resin alami yang dikeluarkan pohon persik, berbentuk kristal berwarna kuning.

Getah persik dengan tekstur lembut dan halus ini kaya akan kolagen, asam amino, dan serat. Dengan khasiat untuk mengencangkan dan melembutkan kulit, kandungan kolagen dalam jenis makanan unik ini tentu jadi daya tarik jenis makanan unik ini. Tertarik jadi pebisnisnya?

#9 Dadar gulung cokelat

dadar gulung cokelat

Dadar gulung biasanya berwarna hijau. Tapi, ini saatnya untuk tidak jadi biasa-biasa saja. Dadar gulung cokelat jadi salah satu makanan unik yang jadi tren di kalangan milenial hari ini.

Dengan modal hanya Rp3 juta saja, kamu sudah bisa bikin usaha ini dan cetak omzet hingga Rp9 juta setiap bulannya.

#10 Keripik tempe

keripik tempe

Kesannya, sih, ini makanan jadul. Tapi, keripik tempe rupanya jadi tren di kalangan pebisnis usaha makanan hari ini.

Pengusaha bisnis ini dengan merek Tempe King bahkan mengaku bisa raup omzet hingga Rp10 juta per bulannya dari usaha ini hanya dengan bermodalkan Rp5 juta saja.

Baca juga: Ikut Meriahkan Tahun Baru Imlek dengan Jajal 7 Peluang Usaha Ini, Yuk!

#11 Asinan rambutan kiamboy

usaha makanan unik
Sumber: Dapur Giok

Asinan ini berbahan dasar rambutan. Terbilang membutuhkan modal rendah dan mudah digarap, usaha makanan unik ini cocok untuk kamu yang ingin jalankan usaha dengan lebih leluasa.

Hanya saja, karena buah rambutan itu buah musiman, sebaiknya kamu buka usaha makanan unik ini khusus ketika musim rambutan datang.

#12 Usaha makanan unik – Tahu kribo

usaha makanan unik
Sumber: Asahid & TehYung

Pembuatan tahu kribo dilakukan dengan menghancurkan tahu terlebih dahulu, lalu dicampurkan dengan tepung beras dan tepung kanji. Pilih juga bumbu yang pas untuk dicampurkan, maka voila, kamu akan punya usaha makanan unik yang beda dari yang lain.

Modal yang diperlukan setidaknya Rp100 ribu untuk memulai bisnis ini. Menggiurkan, ya?

#13 Croquette sandwich

croquette sandwich
Sumber: Kitchen de Lujo

Kroket yang berasal dari Jepang, dibuat dengan kentang yang dihaluskan dan dicampur daging, mayonaise, dan parsley biasanya berbentuk bulat. Tapi, kini kamu bisa temukan kroket dalam bentuk sandwich, dipadukan dengan jenis makanan khas Eropa ini.

Peluang usaha makanan unik ini bisa kamu jajal dengan bermodalkan saos mayonaise, keju dan saus tomat, roti sandwich, dan isian kroket. Modalnya sekitar Rp3-10 juta saja per bulannya!

#14 Cokelat dodol

cokelat dodol

Biasanya, kalau beli oleh-oleh, dodol rasa cokelat sering jadi pilihan. Nah, kini ada jenis lain yang bisa dijajal, yakni cokelat dodol. Perpaduan bahan dodol dan cokelat ini bisa jadi varian oleh-oleh apalagi karena cokelat dan dodol sudah familiar di Indonesia.

Tertarik jadi pebisnis usaha ini?

Modal yang dibutuhkan untuk usaha makanan unik ini sekitar Rp3-6 juta dan kamu bisa memasarkannya di banyak tempat karena ringkas dibawa. Cokelat dodol memang jenis makanan yang siap saji dan dikemas memang untuk langsung dimakan.

#15 Seblak seafood

seblak seafood

Makanan unik khas Bandung ini tentu tidak asing lagi bagimu. Kini, jenis makanan ini jadi jajanan favorit di banyak kalangan. Dengan bermodalkan sosis, ceker, makaroni, ayam, dan bakso, dicampurkan seafood, tentu usaha seblak kamu jadi “beda dari yang lain”.

Modalnya sekitar Rp10-20 jutaan saja, dan omzetnya bisa dua kali lipatnya jika kamu dapat memasarkannya di kalangan yang pas.

#16 Makanan unik – Bistik tempe

usaha makanan unik
Sumber: Cookpad

Selain usaha kripik tempe, ada lagi kreasi lain yang bisa dilakukan untuk bahan makanan satu ini. Bistik tempe kini potensial jadi pengganti bistik daging.

Dengan bahan cukup terjangkau, hanya tempe dan bumbu rasa “bistik sapi”, kamu berpeluang cetak untung dari bikin bisnis makanan unik satu ini.

#17 Puding roti

puding roti
Sumber: Cookpad

Bosan makan puding yang kenyal? Kini, kita bisa temukan puding roti, perpaduan antara roti dan puding. Dan jenis makanan satu ini banyak disukai sebagai jajanan.

Omzetnya pun cukup gede dan berpeluang cuan bagi kamu yang ingin memulai usaha makanan unik. Dengan modal sekitar Rp3-5 jutaan saja per bulan, kamu bisa cuan dan dapat omzet hingga Rp7 jutaan per bulan untuk berinvestasi di warung puding roti.

Sumber: Cermati, Moneysmart, Cermati, Finansialku

Simak juga:

Mulai Investasi dengan Risiko Kecil, Sudah Coba 5 Jenis Investasi Ini Belum?

Emas atau Perak, Pilihan Investasi Logam Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Ada Nggak Sih Pajak Penjualan Emas Batangan dan Bagaimana Perhitungannya?

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini untuk Mengambil Utang Produktif