Mau Raih Keuntungan Investasi Emas? Begini Caranya!

Jul 29, 2019

Setiap investor pasti mau mendapatkan profit dari setiap instrumen investasinya. Salah satu instrumen investasi yang menguntungkan yaitu emas. Tak bisa dimungkiri, keuntungan investasi emas adalah jalan yang paling diincar bagi investor pemula.

Namun, tidak semua investor mengetahui cara mendapatkan keuntungan investasi emas ini. Nah, lewat artikel ini kita akan membahas bagaimana cara investasi emas yang menguntungkan.

Ada tiga cara memperoleh keuntungan investasi emas:

1. Tentukan Tujuan Berinvestasi Emas

Berinvestasi emas bertujuan menyiapkan kebutuhan biaya untuk masa depan. Bisa untuk 3, 5, 10 atau bahkan lebih dari 10 tahun mendatang.

Lama waktu investasi setiap orang berbeda sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, kita berinvestasi emas untuk 3 tahun mendatang guna modal usaha.

Atau, kita berinvestasi emas untuk 5 tahun mendatang guna membeli properti. Atau, kita berinvestasi emas untuk 10 tahun mendatang guna memberangkatkan orang tua ziarah atau naik haji, dan lain sebagainya.

Atau bahkan bila kita merupakan pasangan muda, maka kita berinvestasi emas untuk menyiapkan biaya pendidikan anak sekolah. Supaya, anak-anak kita kelak bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas tinggi dari keuntungan investasi emas.

Seperti artikel sebelumnya, 4 Cara Tepat Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak, kita diajak untuk menjadi orang tua yang bijak.

Meski kita sudah merencanakan dengan bijak, tapi kita harus melihat kemampuan keuangan juga dalam berinvestasi. Supaya, kita tidak mengalami masalah keuangan di kemudian hari.

Pada artikel sebelumnya tentang, Yuk, Mengenal Investasi!, memberikan gambaran kepada kita tentang presentase pengelolaan penghasilan dalam berinvestasi. Menurut Safir Senduk, seorang perencana keuangan pertama di Indonesia, agar kita bisa memiliki passive income maka kita perlu mengalokasikan penghasilan pokok kita ke dalam beberapa pos berikut ini.

  • 10% untuk investasi & tabungan.
  • 10% untuk asuransi.
  • 30% untuk cicilan utang atau dana darurat.
  • 50% untuk biaya hidup sehari-hari.

Nah, dari 10% tersebut kita perlu mendiversifikasi uang kita ke dalam beberapa instrumen investasi. Tentu, salah satunya adalah emas.

Namun, untuk berinvestasi emas baik secara fisik (emas logam mulia) maupun online (tabungan & cicilan emas), kita disarankan untuk membeli emas dalam jumlah gram yang kecil tapi kuantitas yang banyak demi keuntungan investasi emas yang maksimum. Sebab, kita bisa menjual emas yang kita miliki dengan mudah pada waktu mendatang.

Cara investasi emas yang menguntungkan

2. Pantau Laju Harga Emas

Setiap barang yang memiliki nilai jual pasti bersifat fluktuatif (naik-turun). Namun, tidak berlaku bagi instrumen investasi emas. Sebab, instrumen ini cenderung naik dari waktu ke waktu.

Bila kita mau mendapatkan keuntungan investasi emas yang besar, maka kita perlu rajin memantau perkembangan harga emas. Tujuannya, kita bisa tahu apa langkah yang harus dilakukan dalam bertransaksi, kapan waktu yang tepat untuk membeli & menjual emas yang kita miliki.

Tentu, kita bisa menjual emas yang kita miliki saat harganya sedang naik, dan membeli saat harga emas sedang turun.

3. Bertransaksi & Menyimpan Emas di Tempat yang Aman dan Terpercaya

Emas bisa dikategorikan sebagai salah satu barang berharga. Menyimpan emas bisa memiliki risiko kehilangan atau kerusakan.

Kerentanan ini perlu kita minimalisir. Bila kita mau berinvestasi emas logam mulia, maka kita bisa bertransaksi emas logam mulia dari ANTAM atau unit bisnisnya.

Dan, bila kita mau menyimpan emas logam mulia, maka kita perlu menyimpannya di safety box dari lembaga kredibel yang berwenang & terpercaya. Namun, bila kita mau berinvestasi emas berupa tabungan & cicilan emas, maka kita bisa bertransaksi situs pluang. Sebab, pluang merupakan lembaga yang aman, terpercaya, serta mudah & cepat likuiditasnya.

Nah, dari penjelasan di atas apakah sudah memahami bagaimana cara mendapatkan keuntungan investasi emas yang maksimum? Yuk, investasi emas sekarang juga!