Mulai Perjalananmu Menuju Kebebasan Finansial dengan 6 Cara Ini!

Serba-serbi

Aug 26, 2020

Mencapai kebebasan finansial adalah tujuan banyak orang. Kebebasan finansial adalah termasuk memiliki cukup tabungan dan investasi. Dan juga uang tunai untuk memenuhi gaya hidup yang diinginkan. Hal ini akan memungkinkan kita untuk pensiun dini atau mengejar karir yang kita inginkan tanpa didorong oleh penghasilan sejumlah tertentu setiap tahun.

Sayangnya, masih banyak dari kita yang gagal mencapainya. Kita dibebani dengan hutang yang meningkat, keadaan darurat keuangan, pengeluaran yang boros, dan masalah lain yang menghalangi kita mencapai tujuan kita. Dan kami menemukan kejadian tak terduga, seperti pandemi, yang membalikkan rencana masa depan. 

Masalah ini terjadi pada hampir semua orang, tetapi 6 hal ini dapat menempatkan Anda di jalan yang benar. Apa saja itu? Yuk simak di bawah ini supaya Anda bisa mendapatkan kebebasan finansial.

Tetapkan Tujuan Hidup

Apa kebebasan finansial bagi Anda? Tuliskan berapa banyak yang harus Anda miliki di rekening bank Anda, apa gaya hidup yang diperlukan, dan pada usia berapa hal ini harus dicapai. Semakin spesifik tujuan Anda, semakin tinggi kemungkinan untuk mencapainya.

Selanjutnya, hitung mundur usia Anda saat ini dan tetapkan pencapaian finansial secara berkala. Tulis semuanya dengan rapi dan letakkan lembar tujuan di awal pengikat keuangan Anda.

Buat Anggaran

Buatlah anggaran rumah tangga bulanan, dan berpegang teguh pada itu. Ini cara terbaik untuk menjamin bahwa semua tagihan terbayar dan tabungan berjalan sesuai rencana.

Ini juga merupakan rutinitas yang memperkuat tujuan Anda dan mendukung penyelesaian melawan godaan untuk berbelanja secara royal dna mencapai kebebasan finansial secara utuh.

Lunasi Kartu Kredit

Kartu kredit dan pinjaman berbunga tinggi serupa adalah racun. Pastikan untuk melunasi seluruh saldo setiap bulan. Pinjaman, hipotek, dan pinjaman serupa biasanya memiliki tingkat bunga yang jauh lebih rendah; membayarnya bukanlah keadaan darurat. Membayar tepat waktu akan membangun peringkat kredit yang baik.

Baca juga: Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Buat Tabungan Otomatis

Bayar dirimu sendiri dulu. Daftarkan diri Anda dalam program pensiun. Anda juga sebaiknya juga memiliki penarikan otomatis untuk dana darurat, yang dapat digunakan untuk pengeluaran tak terduga, dan kontribusi otomatis ke akun perantara atau yang serupa.

Idealnya, uang itu harus ditarik pada hari yang sama saat Anda menerima gaji, sehingga tidak pernah menyentuh tangan Anda, untuk menghindari godaan.

Namun, perlu diingat bahwa jumlah yang disarankan untuk ditabung masih diperdebatkan. Dalam beberapa kasus, kelayakan dana semacam itu bisa menjadi pertanyaan, lho.

Mulailah Berinvestasi

Berinvestasi bisa dalam beragam bentuk, bisa dengan mengikuti pasar saham, menabung emas, atau bahkan investasi properti. Sesuaikan dengan kemampuan dan pengetahuan Anda dalam hal berinvestasi. Jika ingin yang mudah dan tidak perlu hitung-hitungan, Anda bisa berinvestasi emas seperti Logam Mulia.

Jika Anda ingin memasuki pasar saham, Anda harus sabar, karena membutuhkan banyak waktu untuk mencapai pertumbuhan yang berarti. Keajaiban bunga majemuk akan membantu saham Anda meningkat secara eksponensial dari waktu ke waktu.

Jaga kesehatan

Prinsip perawatan yang tepat juga berlaku untuk tubuh. Berinvestasilah dalam kesehatan yang baik dengan kunjungan rutin ke dokter dan dokter gigi, dan ikuti nasihat kesehatan tentang masalah yang Anda hadapi. Banyak masalah dapat diatasi atau dicegah dengan perubahan gaya hidup seperti lebih banyak olahraga dan pola makan yang lebih sehat.

Kesehatan yang buruk dapat memaksa Anda pensiun lebih awal dengan pendapatan bulanan yang lebih rendah.

Nah, 6 langkah ini tidak akan menyelesaikan semua masalah keuangan Anda, tetapi akan membantu Anda mengembangkan kebiasaan sehat yang dapat membawa Anda ke jalan menuju kebebasan finansial.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Jadi “Cewek Keren” dengan Menghapus Gaya Hidup Boros

Metode Kakeibo: Cara Menabung Unik dan Efektif Ala Jepang

Warga Minim Spending, Relaksasi PSBB Belum Signifikan Hadapi Resesi

Memahami Analisa Saham 52 Weeks High Low dalam Investasi