Strategi Memilih Investasi Yang Baik? Kaum Milenial Wajib Tau!

Uang

Sep 14, 2020

Jangankan memilih investasi, milenial merupakan sebuah segmen populasi yang telah mengalami banyak kesulitan dalam pengelolaan keuangan. Memiliki kesulitan dalam mencapai kekayaan dan menabung.

Tapi ternyata ada strategi investasi yang dapat mereka terapkan untuk menyeimbangkan kewajiban mereka sambil mengalokasikan dana untuk menumbuhkan masa depan keuangan yang stabil, lho.

Bicara soal strategi memilih investasi untuk milenial, ternyata ada banyak tren investasi di tahun 2020 yang dapat dimanfaatkan oleh para milenial untuk memperdalam literasi keuangan.

Memahami nilai investasi dan meningkatkan kesejahteraan mereka untuk jangka panjang. Bisa dengan cara mengambil pendekatan aktif atau pasif dalam berinvestasi.

Berikut beberapa opsi memilih investasi bagi milenial:

  • Berinvestasi melalui hutang
  • Dana indeks
  • Saham individu
  • Meningkatkan penciptaan kekayaan di kalangan milenial

Investasi Melalui Hutang

Cobalah membangun kekayaan dapat menjadi tantangan ketika kamu memiliki hutang yang berlebihan. Jika kekayaan bersihmu terhambat oleh kewajiban, kamu mungkin merasa sulit untuk menabung, berinvestasi, dan asetmu tidak akan berkembang.

Menurut laporan tahun 2020 oleh Bank of America, kaum milenial meningkatkan tabungan mereka tetapi masih memiliki hutang yang besar dan tanggung jawab yang saling bersaing.

Baca juga: Mulai dari Jumlah Kecil, Berikut 3 Cara Berinvestasi Saham Bagi Pemula

Kondisi ini tidak kondusif untuk membangun kekayaan, apalagi biaya hidup semakin meningkat. Pinjaman mobil, pinjaman pelajar, dan hutang kartu kredit termasuk di antara rintangan keuangan paling umum yang dihadapi kaum milenial yang mencegah mereka berinvestasi.

Tetapi para ahli mengatakan bahwa kaum milenial tidak boleh melewatkan keuntungan yang diberikan investasi jangka panjang meskipun itu berarti mengalokasikan sebagian kecil dari pendapatan mereka secara konsisten.

Dengan berinvestasi, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Memilih Investasi Melalui Dana Indeks

Salah satu strategi memilih investasi untuk milenial adalah dana indeks. Berinvestasi dalam dana indeks melibatkan memegang sekuritas, reksa dana, atau dana yang diperdagangkan di bursa yang memiliki sekuritas yang bertujuan untuk meniru indeks pasar AS agar sesuai dengan kinerja benchmark-nya.

Dana indeks memiliki biaya rendah, sedikit atau tanpa biaya manajemen dan dengan demokratisasi investasi, orang dapat mulai berinvestasi dalam dana ini hanya dengan lima dolar melalui perantara online.

Banyaknya fleksibilitas pengindeksan bisa menjadi cara ideal bagi milenial yang kekurangan uang untuk mulai membangun kekayaan. Ada banyak risiko dalam berinvestasi, tetapi karakteristik yang membuat dana indeks menjadi pilihan yang lebih aman bagi milenial yang memiliki risiko rendah dan tidak mampu kehilangan banyak uang adalah diversifikasi.

Ini berarti kerugianmu mungkin minimal ketika terjadi perubahan pasar saham.

Baca juga: 7 Tips Keuangan untuk Milenial, Kamu Milenial? Check disini!

Cara terbaik untuk membangun tingkat asetmu adalah dengan berinvestasi secara mingguan atau bulanan dan menginvestasikannya dalam dana indeks yang terdiversifikasi.

Tidak ada strategi khusus usia dalam hal pengindeksan, tetapi para ahli merekomendasikan rata-rata biaya dolar – strategi investasi yang melibatkan penjadwalan secara teratur sejumlah dolar untuk investasi.

Metode ini mengurangi volatilitas dan dapat membantu milenial bekerja menabung untuk masa pensiun. Rata-rata biaya dolar dapat memberimu kesempatan untuk membeli lebih banyak saham dengan harga yang lebih murah dan lebih sedikit saham saat harga naik, daripada membeli investasi sekaligus.

Manfaat potensial dari berinvestasi dalam reksa dana indeks dapat menjadi alternatif saham individu tergantung pada situasi keuangan, sasaran, dan toleransi risiko milenial.

Memilih Investasi Dengan Saham Individu

Satu lagi strategi dalam memilih investasi untuk milenial adalah saham individu. Untuk investor aktif yang memiliki waktu untuk tetap berada di atas portofolio mereka dan berniat untuk meningkatkan laba atas ekuitas mereka. Memilih perusahaan yang menguntungkan bisa menjadi pilihan yang menuntut tetapi bermanfaat.

Dengan kemudahan penggunaan pada platform seluler intuitif robo advisor dan keuntungan dari saham pecahan yang memberikan akses ke banyak peserta pasar. Investor ritel telah meningkatkan aktivitas perdagangan mereka pada tahun 2020.

Tetapi hal tersebut dapat membutakan mereka terhadap risiko berinvestasi di saham individu. Karena volume aktivitas perdagangan yang tinggi, harga saham tampaknya meningkat secara artifisial dari antusiasme milenial.

Baca juga: Apa Saja Sih 4 Anggaran Utama yang Pas untuk Milenial?

Tidak seperti dana indeks, di saham individu terdapat diversifikasi di antara berbagai kelas aset, saham individu hanya terkonsentrasi dalam satu sekuritas. Artinya, tidak ada pengaman bagi investor saat harga merosot.

Tingkat aktivitas perdagangan juga dapat dilihat dari sudut pandang optimis. Terlepas dari sifat pasar yang fluktuatif saat ini. Investor tertarik pada perdagangan harian jangka pendek. Yaitu dengan metode yang melibatkan risiko lebih tinggi tetapi disertai dengan pembelajaran penting tentang investasi.

Meningkatkan Penciptaan Kekayaan di Kalangan Milenial

Ada banyak sumber daya untuk mulai berinvestasi, tetapi tantangan untuk menyediakan akses ke sumber daya tersebut bagi mereka yang membutuhkannya, terutama masyarakat yang kurang terlayani tetap ada.

Setiap investor berasal dari latar belakang keuangan yang berbeda dan memiliki tujuan sendiri. Tidak ada peta jalan standar untuk investor tahap awal. Para ahli merekomendasikan untuk mengetahui tujuan pribadimu untuk mewujudkan jalanmu menjadi investor yang bijak.

Alih-alih terjebak dalam mengejar tingkat pengembalian tinggi jangka pendek, akan lebih bermanfaat untuk memiliki prospek pertumbuhan jangka panjang pada investasimu.

Mengembangkan jaringan dukungan adalah titik awal yang berguna bagi orang-orang untuk membuat filter informasi yang mereka terima. Jika tidak, akan mudah untuk dibanjiri oleh banyak sumber yang berbeda. 

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: money.usnews.com

Baca juga:

Apa Saja Sih 4 Anggaran Utama yang Pas untuk Milenial?

Mulai dari Jumlah Kecil, Berikut 3 Cara Berinvestasi Saham Bagi Pemula