Dukung Isu Sosial Sambil Investasi? Ini Model SRI yang Bisa Kamu Terapkan

Uang

Jul 22, 2020

Socially responsible investing (SRI) alias investasi yang menekankan pada investasi sosial banyak menarik minat para investor hari ini. Memang, berbagai persoalan hari ini memerlukan investor cerdas yang peduli pada lingkungan sekitarnya. Jadi, apa itu investasi sosial?

Terlepas dari kenyataan bahwa seleb top Hollywood cenderung kelihatan seperti tokoh-tokoh pialang saham The Wolf of Wall Street, investasi tak melulu sekering dan se-mekanikal itu.

Banyak investor yang juga peduli pada model investasi sosial. Apa itu investasi sosial dan bagaimana kita bisa dapat menjadi investor yang sekaligus memiliki kepekaan dan sadar sosial?

Dengan jenis investasi yang bertanggung jawab secara sosial, keinginan untuk berbuat baik tidak harus bertentangan dengan keinginan mencapai kebebasan finansial.

Dalam 20 puluh tahun terakhir, investasi yang menekankan pada tanggung jawab sosial ini telah tumbuh sepuluh kali lipat. Sekarang, ada USD 22 T aset SRI di seluruh dunia yang menekankan investasi ini.

Baca juga: Investor Institusional dan Investor Ritel, Apa Bedanya?

Jadi, apa itu SRI, socially responsible investment, alias investasi sosial?

SRI merupakan investasi jika kamu ingin meningkatkan aset sembari berbuat kebaikan. Tentunya, sebelum memilih platform investasi, kamu akan menanyakan tentang tujuan pendanaan dan bagaimana perputaran uang tersebut.

Investasi lewat SRI dapat menjadi jawaban jika kamu berminat untuk melakukan kegiatan sosial sembari berinvestasi.

Jika kamu mengambil model investasi SRI, artinya kamu berinvestasi dengan menghindari industri yang berdampak negatif terhadap lingkungan dan para pekerja perusahaan tempat kamu menaruh dana.

Dengan demikian, investasi ala SRI menghindari investasi pada perusahaan atau platform yang memproduksi alkohol, tembakau, senjata, atau hal-hal lainnya yang berpotensi buruk bagi lingkungan.

Investor SRI melibatkan investasi di platform yang terlibat dalam tema etis dan sosial, seperti kelestarian lingkungan, keadilan, dan kesejahteraan sosial. Dengan ini, para investor SRI menilai dananya dapat memberikan manfaat berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Terlepas dari itu, jenis investasi melalui SRI ini hadir untuk memberikan perubahan positif sekaligus memberi keuntungan finansial bagi investornya.

Lantas, bagaimana cara kerjanya dan memulai investasi jenis ini?

Baca juga: Cara Jitu Memilih Saham dengan Modal Analisis Fundamental dan Teknikal

Cara kerja jenis investasi sosial melalui SRI dan bagaimana cara memulainya?

Sebelum abad ke-21, fokus investasi sosial melalui SRI cenderung mengikuti tren politik dan sosial. Ini membuat SRI didedikasikan untuk hak-hak perempuan, sipil, dan upaya anti-perang.

Kini, fokus investasi sosial bergeser pada permasalahan yang dihadapi pada abad ke-21, yakni perubahan iklim dan praktik bisnis yang etis.

Jika kamu tertarik dengan model investasi SRI ini, maka kamu dapat mencari investasi yang menganut prinsip tanggung jawab sosial, baik individu atau melalui reksadana yang diperdagangkan di BEI ataupun dana indeks.

Penekanan investasi SRI adalah investasi yang ditaruh dalam saham perusahaan atau produk mutual funds alias reksadana yang peduli dan menerapkan prinsip kepedulian sosial, lingkungan, dan etika bisnis.

Dengan begitu, investor yang membeli produk SRI sebaiknya paham mengenai bagaimana perusahaan dikelola sebelum ia membeli saham.

Tiga aspek ini bisa jadi pertimbangan saat memutuskan melakukan investasi sosial:

#1 Riset sosial, aspek ini diperlukan bagi investor untuk mencari perusahaan dengan manajemen yang baik dan risiko yang rendah. Dalam melakukan seleksi atas perusahaan, investor perlu menerapkan kriteria seleksi, yakni mengeliminasi jenis-jenis aktivitas perusahaan yang bertentangan dengan prinsip tanggung jawab sosial.

#2 Kapital ventura sosial (social venture capital), dengan ini investor dapat menempatkan dana pada tahap awal berkembangnya perusahaan (misal perusahaan yang bergerak di bidang energi alternatif). Ini tentu menguntungkan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

#3 Investasi pada masyarakat (community investing), menyalurkan kredit yang terjangkau kepada masyarakat yang tidak dapat dilayani oleh pasar kredit. Ini membantu menciptakan lapangan kerja, membangun rumah, ataupun mendanai fasilitas masyarakat.

Jadi, dengan trik-trik tersebut dan tahu apa itu investasi sosial, sudah siapkah kamu mendanai investasi yang ramah bagi lingkungan dan masyarakat?

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Wealthsimple, Neliti.com

Simak juga:

Belajar Investasi Saham? Intip Yuk Simulasi Trading hingga Strategi Kelola Saham

Terdampak Wabah Corona, IHSG Masih Terkapar, Saham Blue Chip Pun Anjlok

Borong Saham “Diskon” Saat Pandemi COVID-19, Strategi Cuan Jangka Panjang