Investasi Cryptocurrency untuk Jangka Panjang, Mengapa?

Uang blog-image

Nov 16, 2020

Kamu tentu pernah mendengar dan tahu apa itu cryptocurrency, dan kamu bertanya-tanya: Haruskah saya investasi cryptocurrency? Jawabannya adalah, segera belilah cryptocurrency.

Tidak dapat dimungkiri cryptocurrency telah menjadi kata yang sangat populer selama beberapa tahun terakhir. Kita tentu pernah mendengar para remaja yang trading Bitcoin di kamar mereka dan menjadi jutawan dalam semalam, serta kisah luar biasa lainnya. Lalu muncul pertanyaan: Investasi cryptocurrency jangka panjang, haruskah?

Investasi cryptocurrency tiba-tiba menjadi primadona bagi orang-orang yang bermimpi menjadi jutawan dalam waktu yang cepat.

Betapa tidak, harga cryptocurrency terus merangkak naik seiring berjalannya waktu. Bitcoin misalnya yang berharga US$200 per koin pada 2015, naik menjadi US$400 setahun kemudian. Dan mencapai US$1.000 pada tahun 2017.

Ini memicu histeria massal dan berita-berita di internet didominasi oleh berita tentang mata uang virtual ini. Pertanyaannya: apakah investasi cryptocurrency memang menguntungkan untuk jangka panjang?

Baca juga: Investasi Cryptocurrency, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Memahami investasi cryptocurrency dan infrastrukturnya

Pertama, sebelum memahami investasi cryptocurrency, kita harus memahami infrastruktur Bitcoin dan mata uang virtual lainnya.

Semuanya berjalan karena teknologi yang disebut blockchain. Dalam istilah awam, teknologi blockchain adalah penggunaan banyak nodes untuk menyimpan dan mengatur data.

Tujuan dari fungsi ini adalah satu-satunya alasan kemampuannya untuk melakukan desentralisasi, dan tentu saja memotong perantara.

Setiap cryptocurrency menjalankan konsep manajemen data ini untuk bekerja.

Artinya, data yang dikelola pada dasarnya bisa menjadi apapun yang kamu pilih.

Bitcoin adalah mata uang untuk pertukaran barang dan jasa dalam investasi cryptocurrency, Ethereum adalah mata uang token untuk penggunaan perangkat lunak yang berjalan di Ether, Ripple adalah token untuk mentransfer uang.

Konsepnya sama, tetapi setiap cryptocurrency digunakan dalam batas-batas tertentu.

Jadi sekarang kamu tahu ide dasar teknologi blockchain. Kamu perlu memahami bagaimana investasi cryptocurrency ini dievaluasi untuk menentukan nilainya.

Jawaban dasarnya persis sama dengan cara pasar menentukan nilai komoditas lain dan mata uang pertukaran.

Jawaban yang lebih rinci adalah perpaduan antara kepercayaan pasar serta keterbatasan teknologi. Maksudnya, persepsi publik tentang nilai merupakan faktor besar dalam menentukan harga sebuah cryptocurrency.

Bagaimana cryptocurrency diadopsi banyak orang?

Persepsi positif berarti secara alami akan membuat cryptocurrency lebih diadopsi dan menyebabkan permintaan untuk meningkat.

Jika mata uang crypto memiliki persediaan yang tidak terbatas maka hampir tidak ada nilainya, karena nilai ditentukan oleh seberapa banyak ia dicari, serta tingkat kelangkaannya.

Tidak banyak orang yang memahami batasan pasokan ke mata uang digital, padahal batasan itu ada.

Listrik untuk menjalankan blockchain dan komputer yang dibutuhkan untuk menambang dan menciptakan lebih banyak sumber daya nyata dengan nilai nyata yang dipatok padanya. Faktor-faktor ini menciptakan keterbatasan teknologi dalam memasok cryptocurrency untuk memenuhi permintaan.

Hal di atas yang menyebabkan harga mata uang crypto naik dan turun. Dan inilah yang harus kamu perhatikan jika kamu berencana investasi cryptocurrency.

Baca juga: Apa Itu Blockchain dan Cryptocurrency?

Investasi cryptocurrency? Atau spekulasi cryptocurrency?

Banyak pihak mengklasifikasikan cryptocurrency bukan sebagai sebuah investasi. Melainkan, ini adalah sebuah spekulasi yang sangat menghebohkan.

Alasannya adalah karena kebanyakan orang yang membeli cryptocurrency sebenarnya tidak menggunakannya.

Mayoritas orang tidak menggunakan crypto untuk penggunaan sebenarnya, tetapi hanya memegang dan menyimpannya.

Kebanyakan orang melihat cryptocurrency tidak lebih dari skema cepat kaya. Dan itu masalah besar jika kamu menggunakan sudut pandang investasi untuk melihat keandalan cryptocurrency.

Masalah besar lainnya yang membuat investasi cryptocurrency menjadi spekulatif daripada investasi yang solid adalah kemudahan harga untuk berubah.

Cryptocurrency berumur kurang dari satu dekade semenjak Satoshi menerbitkan white paper pada tahun 2009. ini sangatlah baru dan muda. Artinya, orang tidak memahaminya dan banyak orang secara membabi buta memercayainya.

Faktanya, lebih banyak orang yang tidak memahaminya daripada orang yang mengerti. Ini adalah masalah besar. Karena pasar kemudian mudah ditakut-takuti karena ketidaktahuan.

Pasar yang mudah ditakuti adalah pasar yang bergejolak yang dapat dengan mudah dipengaruhi. Jika pasar sangat mudah dipengaruhi, fluktuasi harga menjadi sulit untuk diprediksi.

Tidak ada investor yang menyebut investasi cryptocurrency, karena sifatnya yang tidak dapat diprediksi.

Membeli cryptocurrency untuk jangka panjang

Namun, seperti dijelaskan di atas, jangan melakukan investasi cryptocurrency. Tapi, belilah investasi cryptocurrency untuk jangka panjang setidaknya beberapa dekade.

Alasannya adalah karena ide tentang cryptocurrency ini tidak akan hilang. Begitu sebuah ide ditanamkan ke dalam benak publik, itu tidak akan pernah mati, dan cryptocurrency pasti telah tertanam kuat di benak publik.

Cryptocurrency akan tetap ada. Pertanyaannya adalah: kapan harga akan mencerminkan nilai yang lebih akurat untuk crypto sehingga lebih stabil dan dapat diprediksi?

Harga mata uang virtual ini akan berfluktuasi dengan liar, jadi jangan berpikir kamu bisa menghasilkan uang dengan cepat dan menjadi jutawan crypto berikutnya.

Sebaliknya, lebih realistis untuk memahami cryptocurrency akan tetap ada, tetapi pasar membutuhkan waktu untuk matang agar kamu bisa investasi cryptocurrency dengan cerdas.

Untuk saat ini, kamu sebaiknya hanya berspekulasi dengan berapa pun jumlah uang yang kamu tidak keberatan apabila harus kehilangan seluruhnya.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik. Dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka. Sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

Bantu kami membangun aplikasi investasi yang sesuai untukmu

Unduh aplikasi Pluang di iOS atau Android dan bergabunglah bersama lebih dari 800.000+ orang yang telah merubah cara mereka berinvestasi.

google-play apple-store