Investasi Cryptocurrency Dinilai Bermasalah? Simak Penjelasannya!

Uang blog-image

Nov 13, 2020

Apakah kamu ingin melakukan investasi cryptocurrency di Bitcoin atau mata uang virtual lainnya?  Apa kamu takut adanya investasi cryptocurrency bermasalah? Ada baiknya kamu memikirkannya dan coba memahaminya sebelum kamu telanjur menyelam lebih dalam.

Ini karena sebenarnya ada banyak masalah dengan berinvestasi di cryptocurrency.

Mata uang virtual dipandang sebagai masa depan uang moneter oleh banyak orang, dan investasi cryptocurrency dipandang sebagai model investasi yang sangat menjanjikan.

Bitcoin adalah contoh sempurna dari mata uang virtual baru ini. Bitcoin adalah mata uang virtual terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar di blockchain.

Munculnya Bitcoin dan pengenalan blockchain ke dalam dunia kita sehari-hari bisa menjadi revolusioner. Dan blockchain diyakini akan menjadi game changer untuk industri layanan keuangan. Tapi, benarkah demikian?

Baca juga: Apa Itu Cryptocurrency?

Permasalahan dalam investasi cryptocurrency

Pada tahun 2018, nilai Bitcoin turun lebih dari 80% dalam satu bulan. Ini tentu membuat kita bertanya-tanya: apakah cryptocurrency sebenarnya adalah investasi atau spekulasi?

Permasalahan pertama, cryptocurrency tidak terikat pada fundamental. Saat kamu berinvestasi dalam suatu aset, kamu ingin mengetahui fundamental yang mendasarinya. Kenapa? Karena hanya dengan begitu kamu dapat mengetahui berapa nilai aset itu.

Saat kamu berinvestasi di saham, kamu ingin memeriksa neraca, pendapatan, pelaporan manajemen, dan banyak lagi.

Kamu membeli bagian dari perusahaan, yang berarti seiring dengan pertumbuhan perusahaan, nilai saham kamu akan tumbuh.

Dalam investasi cryptocurrency, tidak satu pun dari dasar-dasar ini tersedia.

Meskipun sulit untuk membandingkan saham dengan mata uang crypto, harus ada beberapa nilai dasar dari aset yang kamu investasikan.

Ini adalah masalah dengan cryptocurrency: mata uang virtual ini tidak memiliki fundamental dan karenanya tidak memiliki nilai nyata.

kamu membeli koin dan berharap lebih banyak orang ingin membeli koin nanti, yang berarti kamu bisa mendapatkan lebih banyak mata uang kembali nanti.

Menyoal pandangan umum tentang crytocurrency

Bagi banyak orang, cryptocurrency dipandang sebagai spekulasi murni. Permasalahan kedua, cryptocurrency sangat fluktuatif. Mayoritas investasi cryptocurrency terjadi di bursa terdesentralisasi, tanpa investor besar seperti dana pensiun.

Fakta ini, ditambah kapitalisasi pasar cryptocurrency yang relatif kecil, menghasilkan volatilitas yang luar biasa. Cryptocurrency bisa naik dan turun dua digit setiap hari. Cryptocurrency jauh lebih tidak stabil dibandingkan dengan S&P 500, emas, atau ekuitas global lainnya.

Permasalahan berikutnya, cryptocurrency masih tidak diatur. Banyak orang ingin mengadopsi cryptocurrency dalam kehidupan sehari-hari mereka. Namun, sangat sedikit bisnis yang benar-benar menerimanya sebagai pembayaran.

Bahkan ada beberapa negara yang membuat peraturan melarang penggunaan mata uang virtual ini, walau ada juga sedikit negara yang memperbolehkannya.

Karena cryptocurrency sangat tidak diatur, tidak ada yang dapat dilakukan pihak berwenang jika terjadi penipuan. Ada orang yang berinvestasi dalam koin tertentu yang ternyata penipuan.

Masalahnya adalah sangat sulit untuk mengetahui ke mana perginya uang kita dan siapa yang saat ini memilikinya. Berinvestasi dalam cryptocurrency sangat anonim, mungkin terlalu anonim.

Baca juga: Investasi Cryptocurrency, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Permasalahan cryptocurrency lainnya

Cryptocurrency dinilai terlalu anonim

Saat kamu berinvestasi dalam cryptocurrency, ada pentingnya kamu menjadi anonim.

Ada catatan dari setiap transaksi, dari situlah blockchain itu dibuat. Jika kamu memiliki kunci publik seseorang, kamu dapat melihat di blockchain berapa banyak mata uang yang mereka dapatkan.

Biasanya, orang sangat anonim dan kamu tidak tahu siapa di balik kunci publik. Itu berarti kamu tidak tahu dari mana uang itu berasal atau ke mana perginya uang itu.

Ini adalah masalah besar dengan cryptocurrency sementara itu juga merupakan fitur yang sangat penting.

Perdagangan cryptocurrency dapat digunakan untuk aktivitas kriminal, penggelapan pajak, dan pencucian uang.

Ya, mereka dapat melakukan hal yang sama dengan uang tunai, tetapi ini membuatnya sedikit terlalu mudah bagi mereka.

Ini adalah salah satu kelemahan utama dari sistem yang perlu diselesaikan sebelum semua orang akan terjun ke Bitcoin.

Cryptocurrency dianggap tidak ramah lingkungan

Di dalam mata uang virtual ini dikenal yang namanya mining atau penambangan. Cryptocurrency mining berarti banyak orang pada saat yang bersamaan mencoba membuat blok dari transaksi terbaru.

Orang yang melakukan mining paling cepat membuat blok dan mendapatkan hadiah berupa koin, misalnya Bitcoin.

Penambangan ini memerlukan banyak energi listrik karena prosesnya yang membutuhkan komputer super cepat. Para penambang bersaing mendapatkan koin yang terbatas, yang berarti mereka bersaing satu sama lain dan meningkatkan penggunaan daya energi secara konstan.

Saat ini, China memimpin penambangan Bitcoin. Di China, sumber energi utama adalah batu bara. Kita semua tahu bahwa ini adalah cara menghasilkan energi yang sangat tidak ramah lingkungan.

Apakah masuk akal untuk mengonsumsi begitu banyak energi untuk satu mata uang? Ada cukup banyak kekhawatiran seputar lingkungan saat ini.

Kesimpulannya, teknologi di balik cryptocurrency memang sangat menarik dan bisa berdampak besar pada dunia kita beberapa tahun ke depan.

Namun, seperti telah dijelaskan di atas, memang masih banyak permasalahan dalam investasi cryptocurrency.

Jadi, masihkah kamu tertarik untuk melakukan investasi cryptocurrency?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik. Dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka. Sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

Bantu kami membangun aplikasi investasi yang sesuai untukmu

Unduh aplikasi Pluang di iOS atau Android dan bergabunglah bersama lebih dari 800.000+ orang yang telah merubah cara mereka berinvestasi.

google-play apple-store