Bosan di Rumah? Coba 15 Ide Usaha Rumahan Kreatif Simpel Ini Yuk!

Jun 11, 2020

Apa saja usaha rumahan yang sedang jadi tren di tahun 2020 ini? Beberapa ide usaha rumahan kreatif bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar. Berikut ini 15 usaha rumahan yang lagi trend dan bisa kamu coba

Gary Vaynerchuk, seorang pengusaha muda dari Amerika Serikat, menjelaskan jika entrepreneurship bukanlah sesuatu yang eksklusif. Artinya, jika kita memiliki komitmen dan kreatif, kita bisa bersaing di dunis bisnis.

usaha rumahan yang lagi trend

Ide usaha rumahan kreatif bisa dilakukan tanpa memiliki ruang kantor yang besar dan banyak pegawai. Buktinya, banyak usaha rumahan yang lagi trend justru dilakukan oleh ibu rumah tangga, remaja, hingga orang tua.

Ide usaha rumahan kreatif ini tidak hanya bisa memberi penghasilan tambahan. Bahkan, usaha kreatif bisa menjadi sekoci atau perahu penyelamat untuk menutup kebutuhan hidup yang semakin tinggi.

Ditambah dengan kemudahan teknologi, khususnya internet, banyak orang melirik usaha rumahan kreatif. Yuk, intip usaha rumahan yang sedang jadi tren di masyarakat.

Baca juga: Mau Coba Tren Bisnis Goyang Lidah? Ini 17 Ide Usaha Makanan Unik Untukmu

Ide usaha rumahan kreatif yang enggak ribet

Ide usaha rumahan kreatif bisa muncul dari hobi dan memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar kita, lho!

Berikut ini beberapa contoh ide usaha rumahan kreatif yang bisa dijalankan.

#1 Camilan unik

Siapa yang tidak suka dengan cemilan unik? Amati saja, setiap tahun pasti ada jenis jajanan baru. Misalnya saja camilan dengan bumbu asin yang sempat booming di masyarakat. Camilan unik bisa saja kamu mulai dari mengembangkan jenis camilan yang sudah ada. Jadi, selamat bereksperimen ya!

#2 Ide usaha rumahan kreatif, katering sehat

Kegemaran di bidang kuliner bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Apalagi sekarang ini banyak orang mulai concern dengan makanan sehat. Kita bisa memulai bisnis dengan skala kecil. Misalnya mulai dari menyiapkan jenis masakan untuk bekal anak sekolah, pengajian di lingkungan, hingga menu sehat khusus untuk diet.

#3 Bakery

ide usaha rumahan kreatif

Toko Roti rumahan mulai dilirik banyak orang. Bisnis ini bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan yang sederhana. Tahukah kamu jika banyak toko roti yang melegenda berawal dari usaha rumahan?

#4 Membuka les privat

Bagi kamu yang suka anak kecil atau masih ingin bergaul dengan anak muda sekolahan, ini akan menjadi kesempatan yang menyenangkan. Banyak orang tua yang sibuk dan mempercayakan anak kepada guru privat. Kamu bisa memberikan pelajaran dasar, bahasa inggris, hingga khusus alat musik jika punya keahlian khusus!

#5 Laundry kiloan

Kamu tinggal di daerah perumahan atau daerah kampus? Maka kamu berada di zona yang tepat. Laundry kiloan tidak hanya praktis, tapi juga ringan karena modalnya yang tidak terlalu besar. Jangan lupa, kualitas cucian dan pelayanan yang ramah adalah kunci bisnis ini.

Baca juga: 21 Usaha Sampingan dengan Modal Minim yang Jamin Bikin Kamu Cuan

#6 Ide usaha rumahan kreatif, produk daur ulang

Banyak barang yang tidak terpakai? Tenang, kamu bisa menyulapnya menjadi barang unik. Misalnya saja Bardiju, Jakarta, yang mengubah kertas bekas menjadi kartu nama, amplop, dll. Menarik, ya?

#7 Fotografer dan videografer

ide usaha rumahan kreatif

Profesi ini bisa dilakukan di dalam dan di luar rumah. Jadi kadang-kadang bisa sekalian refreshing. Enak, kan? Jika kamu belum PD, kamu bisa bekerja pada fotografer profesional lain. Jadi, kamu bisa belajar sekaligus memupuk jaringan klien.

#8 Penyewaan kamar

Punya kamar yang tidak terpakai? Itu adalah ladang usaha yang menjanjikan. Terlebih lagi jika kamu tinggal di kota-kota pariwisata. Kamu bisa menyewakan untuk kos atau penginapan harian.

#9 Rental mobil/motor

Perkembangan teknologi membuat kita bisa menyewakan kendaraan pribadi di rumah. Apalagi jika kamu memiliki lahan parkir yang luas. Kamu bisa mengajak tetangga untuk menitipkan kendaraan mereka juga, lho!

Baca juga: Ramai Bisnis Boba Tea & Minuman Kekinian, Bagaimana Sih Cara Memulainya?

Ide usaha kekinian yang bermodalkan internet

Jika kamu ingin membuka ide usaha rumahan kreatif, tetapi takut gagal dan modal pas-pasan, maka ide di bawah ini bisa menjadi alternatif.

#10 Jasa pembuatan konten media sosial

Tidak diragukan lagi jika media sosial adalah platfform promosi yang efektif. Tahukah kamu jika tidak semua bisnis memiliki staf khusus pembuat konten media? Untuk bergabung ke bisnis ini, setidaknya kamu harus memiliki pengetahuan dasar tentang kiat-kiat pemasaran. Tenang, kamu bisa belajar dari internet kok!

#11 Ide usaha rumahan kreatif, bikin bisnis jasa mendengarkan curhatan

Yup, jasa teman curhat ini mulai booming lho. Misalnya Takanobi Nishimoto, Jepang, yang memasang tarif USD 10 per jam untuk mendengarkan curhat. Menggiurkan, kan? Kamu bisa mengajak teman-teman untuk membangun usaha ini. Untuk promosi, kamu bisa memanfaatkan media sosial atau website.

#12 Admin media sosial

Hampir sama dengan pembuat konten, tapi di sini kamu bertugas sebagai perpanjangan tangan perusahaan. Jadi, selain memiliki pengetahuan dasar marketing, kamu harus tahu seluk-beluk perusahaan yang merekrutmu.

#13 Influencer media sosial

usaha rumahan yang lagi trend

Kalian pasti tidak asing lagi dengan istilah influencer. Ibaratnya mereka adalah selebritas digital yang membahas konten tertentu, sesuai dengan minat mereka. Mulai dari urusan rumah tangga, makan, fashion, hingga adventure. Jika kamu bisa melakukan self-branding dengan baik, kamu bisa diminta untuk endors, lho!

#14 Blogger

Punya hobi menulis? Kamu bisa mulai menulis di blog. Jika kamu bisa membuat konten yang menarik, tentu akan banyak pengunjungnya. Kamu juga bisa memasang iklan atau berkolaborasi dengan blogger lain untuk meningkatkan pengunjung.

#15 Dropshipper

Bisnis ini hanya membutuhkan internet dan gadget atau laptop. Menariknya lagi, kamu bisa fleksibel menjalankannya, sesuai dengan waktu luangmu. Mencari produk yang populer dan rajin promosi adalah kunci kesuksesan dropshipper.

Itulah beberapa ide usaha rumahan kreatif yang bisa kamu coba. Setiap usaha pasti memiliki tantangan. Jadi, tetap semangat dan pantang menyerah, ya!

Sumber: Mokapos, Niagahoster

Simak juga:

Mulai Investasi dengan Risiko Kecil, Sudah Coba 5 Jenis Investasi Ini Belum?

Emas atau Perak, Pilihan Investasi Logam Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Ada Nggak Sih Pajak Penjualan Emas Batangan dan Bagaimana Perhitungannya?

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini untuk Mengambil Utang Produktif