Populasi Orang Terkaya di Dunia Ada di Mana?

Serba-serbi

Jul 17, 2020

Di dunia investasi, ada yang dikenal sebagai high net worth individual. HNWI adalah bagian penting dalam industri jasa keuangan. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih dalam seluk-beluknya.

Secara teori, tidak ada batasan tertentu agar orang bisa diklasifikasikan ke dalam kategori ini.

HNWI adalah seseorang atau keluarga yang memiliki aset likuid di atas angka tertentu. High net worth individual biasanya memiliki kekayaan likuid sebesar 1 juta USD.

Selanjutnya, dia bisa dibagi ke dalam dua kelompok, yakni VHNWI (very high-net-worth individual) yang memiliki kekayaan minimal 5 juta USD dan UNHWI (ultra-high-net-worth individual) dengan 30 juta USD.

Aset hnwi adalah umumnya tidak termasuk aset pribadi dan properti. Misalnya tempat tinggal utama dan barang-barang koleksi pribadi. Ikuti penjelasan berikut untuk memahami high net worth individual.

Baca juga: Hingga Rp18,5 T dalam Sepekan, Kekayaan Bos Djarum Anjlok

Memahami high net worth individual

High net worth individual memiliki akun investasi yang terpisah dan berbeda dari reksa dana reguler. Lembaga keuangan memiliki kebijakan serta pengertian yang berbeda tentang HNWI.

Sebagian besar akan mengharuskan pelanggan untuk memiliki sejumlah dana tertentu di bank sebagai syarat perawatan khusus. Dan ini lah yang membuat tidak ada batasan atau patokan khusus seseorang bisa masuk dalam kategori ini.

Angka yang paling umum ada pelanggan harus memiliki minimal 1 juta USD dalam aset keuangan likuid. Investor yang memiliki aset sebesar 100.000 USD hingga kurang dari 1 juta USD disebut dengan makmur (affluent) atau ‘sub-HNWI’.

Selanjutnya, ada kategori ‘very-HNWI’ ketika investor memiliki aset keuangan sekitar 5 juta USD. Dan, orang disebut ‘ultra HNWI’ ketika memiliki kekayaan minimal 30 juta USD.

High net worth individual sangat diminati oleh pengelola keuangan swasta (private wealth managers). Asumsinya, semakin banyak uang yang dimiliki seseorang, makan akan semakin banyak pekerjaan yang terbuka. Pekerja di sini diperlukan untuk memelihara dan melestarikan aset yang ada.

Dari sisi investor, mereka memiliki keistimewaan untuk menuntut dan bahkan membenarkan layanan keuangan yang diterima. Biasanya mereka akan melihat kepada manajemen investasi, perencanaan perumahan, perencanaan pajak, dan lain sebagainya.

Baca juga: Bursa Saham Global Optimis Pemulihan Ekonomi Pasca-COVID-19

Di mana high net worth individual tinggal?

Berdasarkan laporan The Capgemini World Wealth Report pada 2017 lalu, Amerika Serikat memiliki high net worth individual paling tinggi di dunia.

Jumlah mereka diperkirakan lebih dari 5,28 juta USD dan memiliki potensi pertumbuhan populasi sebesar 10 persen pada 2016.

Secara global, jumlah populasi HNWI tumbuh sebesar 11,2 persen pada 2017. Selain di Amerika Serikat, mereka tersebar di Jepang, Jerman, dan Cina.

Ada juga negara lain yang memiliki pertumbuhan NHWI. India mengalami peningkatan populasi high net worth individual sebesar 20 persen dari 2016 lalu. Kemudian ada Korea Selatan di posisi kedua dengan pertumbuhan sebanyak 17 persen.

Posisi ketiga ditempati oleh kawasan Asia-Pasifik yang mengalami kenaikan sebesar 34,1 persen. Terakhir, ada Amerika Utara yang memiliki pertumbuhan sekitar 31,3 persen. Perlu diketahui jika 90 persen dari kenaikan HNWI di Amerika Utara didominasi oleh penduduk Amerika Serikat.

Di sisi lain, negara-negara Eropa juga mengalami pertumbuhan populasi sebesar 7,3 persen pada 2017. Jika didetailkan, Irlandia menduduki posisi pertama dengan kenaikan sebesar 15,3 persen. Jerman juga tidak kalah ketinggalan dengan pertumbuhan sebesar 7,6 persen. Terakhir, ada Inggris yang memiliki pertambahan populasi high net worth individual sebesar 1,2 persen.

Sayangnya Swedia memiliki track record yang kurang menggembirakan. Mereka satu-satunya daerah yang melompati dua posisi dalam populasi HNWI. Terakhir, Swedia menempati urutan ke 23 dan mencatat pertumbuhan populasi 14 persen saja.

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Takut Investasi karena Istilah Rumit? Simak Kamus Investasi Emas Ini!

Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini untuk Mengambil Utang Produktif

Perusahaan Incaranmu Melantai di Bursa Saham? Ini Tips dan Trik Membeli Saham IPO

Selain Saham Apple, Ini 10 Saham Terbesar Milik Warren Buffett!

3 Jenis Modal Usaha, Dasar-dasar Financing Bisnis untuk Pemula