Mau Jago Atur Duit? 5 Financial Advisor Ini Bisa Jadi Inspirasimu

Kisah Sukses

Apr 03, 2020

Jika kamu butuh nasihat atau masukan seputar mengelola dan merencanakan keuangan, financial advisor alias penasihat keuangan adalah orang yang tepat untuk ditemui. Beberapa financial advisor Indonesia dapat ditemukan via medsos mereka ataupun asosiasi bonafide.

Merencanakan keuangan sedari dini tentu adalah langkah baik untuk mempersiapkan masa depan. Berapa pun penghasilanmu saat ini, mengelola keuangan secara terencana dapat membantumu di masa mendatang.

Langkah-langkah dan strategi keuangan ini barangkali tampak bisa dipelajari secara otodidak lewat buku atau artikel finansial. Namun, untuk masukan mendalam, kamu bisa pertimbangkan konsultasi dengan financial advisor terpercaya.

financial advisor adalah

Beberapa financial advisor Indonesia yang tersohor bahkan rutin menyebarkan informasi keuangan berguna bagi follower medsos mereka. Bagi mereka, menjadi financial advisor bagi kaum milenial akan membantu generasi mendatang melek finansial.

Bukan hanya soal keuangan sehari-hari, lewat para financial advisor Indonesia jempolan ini, kamu juga bisa tahu lho bagaimana Crazy Rich mengelola keuangan. Berikut juga gaya hidup, kiat sukses, dan hobi-hobi orang superkaya.

Siapa saja mereka?

Baca juga: Lebih Jago Atur Duit, Pilih Jagoan Aplikasi Keuanganmu dari 7 Pilihan Ini

#1 Financial advisor Indonesia – Jonathan End (@jonathanend)

financial advisor indonesia

Nama penasihat keuangan satu ini mulai sohor sejak ia menyediakan sesi curhat berbayar via telepon. Topik yang ia tawarkan merentang dari urusan asmara, karier, bisnis, hingga keuangan.

Konten-kontennya di Instagram menjelaskan bagaimana uang berputar. Ia menunjukkan bahwa financial advisor adalah para profesional yang menggunakan prinsip perencanaan keuangan untuk memberikan nasihat bagi kliennya.

Mulai dari mencapai tujuan keuangan di masa depan seperti rencana pendidikan anak, rencana pensiun, beli rumah KPR, hingga rencana warisan pun jadi bahasan.

#2 Ligwina Hananto (@mrshananto)

financial advisor adalah

Ligwina terkenal sebagai penasihat keuangan lewat unggahan cerita-ceritanya di Instagram Story dan Twitter yang membagikan tips keuangan.

Ia juga sering membuka kelas online tentang pengelolaan keuangan, baik gratis maupun berbayar.

Selain itu, ia juga menjadi financial trainer di QM Financial dan mendapuk diri sebagai financial literacy specialist. Tentu saja “spesialis” satu ini memang mesti memahami akses ke berbagai produk keuangan seperti asuransi, reksadana, properti, emas, logam mulia, dst.

#3 Financial advisor Indonesia – Prita Ghozie, ZAP Finance (@pritaghozie, @zapfinance)

Prita Ghozie

Sebagai influencer, financial advisor Indonesia satu ini terkenal lewat ZAP Finance, di mana ia merupakan CEO dan co-founder-nya.

Badan perencana keuangan yang dikelola Prita ini meyakini bahwa masyarakat akan menuju ke arah kehidupan yang lebih baik dan bermakna dengan perencanaan keuangan yang matang.

ZAP Finance yang ia kelola berupaya membantu kesejahteraan keuangan dengan memberi informasi, konsultasi, dan pelatihan bagi individu, kelompok, maupun korporasi dalam mengelola keuangannya.

Sementara, lewat akun instagram, Prita membagikan tips berinvestasi dan pengelolaan keuangan. Mulai dari alokasi dana untuk menabung, dana darurat, hingga duit untuk kegiatan sehari-hari pun dibahas rinci olehnya.

Baca juga: Bergaji UMR dan Ingin Investasi? Atur Keuanganmu dengan 5 Langkah Ini

#4 Andhika Diskartes (@andhika.diskartes)

financial advisor adalah

Lewat instagramnya, Andhika terkenal sebagai financial advisor Indonesia yang telah berinvestasi sejak kuliah. Ia telah berbagi seputar investasi yang ditekuninya serta pengalamannya keuangannya sejak mulai merintis investasi.

Mulai dari tips keuangan bisnis, keluarga, hingga perencanaan keuangan bagi kamu yang masih single pun disediakan olehnya. Dari sudut pandangnya, kita juga diajak membedah persoalan-persoalan kliennya dan sekaligus memetik pelajaran dari pengalaman itu.

Andhika Diskartes mengelola diskartes.com sebagai wadah berbagi tentang investasi pasar modal, teknologi blockchain, dan analisis perekonomian Indonesia. Financial advisor adalah passion-nya banget, deh!

#5 Financial advisor Indonesia – Jouska (@jouska_id)

Jouska

Financial advisor Indonesia yang satu ini tentu sudah hype banget di kalangan generasi milenial. Misi Jouska adalah merencanakan masalah finansial sesederhana mungkin.

Konten yang disajikannya di Instagram dan Twitter pun memetik gaya bertutur yang berdasarkan pengalaman atau kisah nyata. Gaya berceritanya yang asyik membuat soal perencanaan keuangan yang bikin mumet jadi mudah dicerna bagi milenial dan Gen Z.

Aakar Abyasa, CEO dan Founder Jouska akan mengisi acara di YOTNC 2020 pada 5 April 2020 ini di Balai Kartini Jakarta. Jadi, bagi kamu yang berniat langsung sharing seputar literasi keuangan dan cerita di balik konten Jouska, yuk cus ke acara ini!

Sumber: IDNTimes, How Money Indonesia, Investor Daily Indonesia

Simak juga:

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

Emas atau Perak, Pilihan Investasi Logam Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Nadiem Makarim sebagai Menteri Termuda dengan Ide Segar, Ini 5 Menteri Muda Lainnya dari Seluruh Dunia!

Pemburu Pekerjaan Wajib Banget Tahu 7 Aplikasi Ini, Sudah Ada yang Coba?

Pengin Nikah Tahun Depan? Ini 7 Cara Menabung Cepat Siapkan Biayanya!