Perkara Saham Hingga Krisis Ekonomi, Ini 7 Rekomendasi Film Terbaik Soal Keuangan

Oct 18, 2019

Dunia keuangan, dalam berbagai lini, menghasilkan berbagai film yang tak kalah dahsyat dengan film-film dari bidang lain. Tragedi, komedi, kehancuran sistem keuangan, ketulusan karakter menghadapi kesulitan finansial, dan segala aspek dunia keuangan tak pelak juga menghasilkan beberapa film terbaik sepanjang masa.

Kita bisa melihat “homo homini lupus” alias “manusia adalah serigala bagi manusia lainnya” dengan terang-terangan lewat karakter-karakter yang rakus dan saling libas. Atau bagaimana seseorang bisa berjuang mati-matian dalam hidupnya dan menghadapi berbagai risiko untuk menghidupi keluarga.

Berikut ini film terbaik sepanjang masa tentang keuangan yang akan membuatmu lebih dalam lagi memahami kompleksnya dunia keuangan:

Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa Tentang Keuangan yang Wajib Kamu Tonton!

film terbaik sepanjang masa

Wall Street (1987)

Karya klasik Oliver Stone ini menginspirasi banyak anak kampus keuangan mengutip frasa: “Blue Horseshoe loves Anacott Steel”.

Dengan jeli menggambarkan betapa hedonisnya kehidupan dunia keuangan, Wall Street tetaplah film dengan daya besar untuk menarik perhatian traders, broker, analis keuangan, dan banker untuk memahami lebih dalam dunia mereka. Bahkan 30 tahun setelah film ini kali pertama rilis.

Meski film ini memperingatkan kita untuk berjaga-jaga akan bahaya insider trading, tapi toh siapa yang tidak tertarik untuk jadi seorang Bud Fox atau bahkan Gordon Gekko? Dan paling tidak terpukau atas sisi rakus dunia trading, dengan kutipan Gekko yang populer sepanjang masa: “Greed is good” alias “Tamak itu baik”. Betul-betul film terbaik sepanjang masa!

Barbarians at the Gate (1993)

Hampir terlupakan, film seputar RJR Nabisco, leveraged buyout (LBO), ini menggambarkan negosiasi di belakang layar F. Ross Johnson sebagai CEO perusahaan hasil merger dua perusahaan, termasuk juga penyelundupan yang ia lakukan.

Diangkat dari peristiwa nyata, film ini mengejutkan dengan keserakahan Johnson yang menyebabkan arus kas perusahaan mandeg. Ini menjadikan film ini sebagai film terbaik sepanjang masa tentang LBO.

Di kisah nyatanya, RJR Nabisco adalah perusahaan AS yang memproduksi makanan dan rokok, yang merupakan leveraged buyout terbesar saat itu. Sebagai leveraged buyout, mereka membeli dan mengakuisisi perusahaan (merger dan akuisisi, M&A) dan menjadikannya jaminan untuk meminjam utang (pembelian terutang). Mereka berhenti beroperasi pada 1999 karena kesalahan pengelolaan Johnson.

Baca juga: Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

The Wolf of Wall Street (2013)

Kisah nyata eksekutif Wall Street ini mengisahkan tentang pialang yang menggunakan strategi pumping & dumping (P&D) dalam memompa dan menimbun dolar demi menjamin puluhan IPO mereka sebelum dijatuhkan oleh regulator.

Film ini diangkat dari memoar Jordan Belfort, salah satu pendiri pialang Stratton Oakmont di Long Island, New York dan diperankan oleh Leonardo DiCaprio. Kegigihan film ini menghadirkan skema yang memanipulasi saham 34 perusahaan ini menjadikannya salah satu film terbaik sepanjang masa soal bursa efek dan pialang saham.

Rogue Trader (1999)

Film ini mengangkat kisah Nick Leeson, yang menyebabkan kebangkrutan Bank Barings, bank dagang tertua kedua di dunia. Sebagai film terbaik sepanjang masa soal keuangan, ia mengangkat kisah Leeson sebagai trader pendatang, yang naik daun dengan cepat. Menyembunyikan kerugian besar dari para atasannya dalam akun-akun yang disembunyikan dengan cermat.

Kisah Leeson ini menjadi pelajaran penting dalam urusan manajemen risiko dan pengawasan keuangan. Dalam kisah nyatanya, bank ini bangkrut setelah menderita kerugian sebesar 827 juta GBP (atau sekitar 1,67 miliar GBP hari ini) lantaran penipuan investasi Leeson, terutama dalam kontrak berjangka yang dilakukan dari kantor Leeson di Singapura.

Boiler Room (2000)

Sementara Barbarian at the Gate menonjolkan setting mewah ruang-ruang rapat perusahaan, Boiler Room menampilkan sosok-sosok dari anak tangga finansial paling rendah: kecurangan perusahaan sekuritas dengan sistem pump and dump scheme (skema P&D)

Sebagai kisah fiksi, salah satu film terbaik sepanjang masa soal keuangan ini menggambarkan rasa sakit dan penderitaan korban investasi. Film ini memberi peringatan untuk melakukan investasi di pasar saham dengan berpegang teguh pada perusahaan yang transparan dan solid.

Capitalism: A Love Story (2009)

Film berikut ini berangkat dari investigasi satir Michael Moore atas keserakahan dunia korporasi yang mendongkrak utang berlebihan di pasar hipotek (mortgage market) menjelang krisis keuangan 2008.

Baca juga: Investasi Emas atau Saham dalam Situasi Sekarang?

Sebelumnya, Michael Moore, menyutradarai juga film dokumenter Roger and Me, yang mengekspos keserakahan perusahaan di balik PHK di General Motors.

Di Capitalism: A Love Story, dia membingkai bagaimana pasar hipotek meledak karena bank investasi yang serakah, yang mengambil risiko terlalu besar demi menghasilkan lebih banyak untung.

Arbitrage (2012)

Manajer hedge fund, alias pengelola investasi global, melibatkan urusan investasi yang lebih rumit. Tentu, karena mereka mengelola aset gabungan secara privat. Sehingga tak ada kewajiban untuk menyampaikan informasi investasi kepada publik.

Mereka melakukan transaksi aset jangka panjang dan pendek, juga perdagangan berjangka, swap, dan berbagai turunan investasi lainnya.

Mereka kerap melakukan lindung nilai investasi terhadap pergerakan harga ekuitas dan bursa. Dengan target utama menghasilkan imbal hasil yang tidak berkaitan erat dengan pasar keuangan. Terutama, mereka hanya bekerja untuk para investor yang terakreditasi.

Kompleksnya urusan keuangan yang diatur oleh manajer hedge fund ini, menjadikan film Arbitrage sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa yang mengangkat karakter Richard Gere, sebagai salah satu manajer hedge fund.

Setelah menonton film terbaik di bidang keuangan ini, cobain yuk menabung emas di aplikasi Pluang, temukan perbandingan harga emas termurah lewat genggaman tanganmu!

Sumber: The New Savvy

Simak juga:

Yuk, Mengenal Produk-produk Investasi

Takut Investasi karena Istilah Rumit? Simak Kamus Investasi Emas Ini!

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!