Hingga Rp18,5 T dalam Sepekan, Kekayaan Bos Djarum Anjlok

Jun 23, 2020

Dalam sepekan saja, kekayaan duo Bos Djarum, dikabarkan anjlok hingga Rp18,5 T. Bagaimana dengan deretan orang terkaya di Indonesia lainnya?

Pada bulan Maret, setidaknya dikabarkan harta lima orang terkaya di Indonesia amblas Rp286 T lantaran pandemi COVID-19. Tiga bulan lalu, urutan pertama dan kedua dalam daftar penurunan itu ditempati oleh Hartono bersaudara. Sementara itu, di urutan ketiga ada Tan Siok Tjien. Sri Prakash Lohia, pemilik di urutan keempat dan Anthoni Salim di urutan kelima.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Hartono Bersaudara ini masing-masing Robert Budi Hartono anjlok sebesar USD 700 juta dan Michael Hartono anjlok sebesar USD 600 juta. Totalnya, USD 1,3 M atau sebesar Rp18,5 T.

deretan orang terkaya di indonesia

Dalam sehari terakhir, harta dua Bos Djarum dalam deretan orang terkaya di Indonesia ini anjlok hingga USD 190,2 juta atau sekitar Rp2,7 T.

Ini menjadikan total harta kekayaan mereka per Selasa (23/6) menjadi USD 26,5 M atau sekitar Rp377 T. Robert Budi Hartono dengan USD 13,7 M atau setara Rp 194,9 T. Sementara kekayaan Michael Hartono USD 12,8 M atau setara Rp182,1 T.

Sepanjang tahun, secara year to date (ytd) harta kekayaan Hartono bersaudara ini amblas hingga USD 6,65 M atau setara Rp94,6 T. Robert Budi kehilangan USD 3,39 M atau setara Rp48,2 T. Sementara, Michael Hartono sebesar USD 3,28 M atau setara Rp46,7 T.

Baca juga: Harga Emas Diprediksi Naik Hingga Rp900.000 di Tahun 2020, Mungkinkah?

Situasi kekayaan deretan orang terkaya di Indonesia kala pandemi

Dalam daftar anjloknya kekayaan deretan orang terkaya di Indonesia ini, duo Hartono pemilik Grup Djarum, produsen rokok terbesar di Indonesia dengan produksi hampir 20% total produksi rokok tanah air, ini tidak sendirian.

Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index, situasi kekayaan para taipan di Indonesia ini masih lanjut merosot selama sepekan terakhir, terkecuali Prakash Lohia, pimpinan Indorama Corp.

Duo Bos Djarum, Robert Budi Hartono dan Michael Hartono menempati posisi teratas daftar teratas. Mereka masuk jajaran orang terkaya negeri ini yang hartanya anjlok cukup drastis saat pandemi. Pekan lalu, harta kekayaan Budi Hartono senilai USD 14,4 M atau Rp 204,7 T, sementara total kekayaan Michael Hartono senilai USD 13,4 M atau Rp190,5 T.

Kini, Budi Hartono berada di urutan 104 dari daftar miliarder versi Bloomberg, sementara Michael Hartono berada di posisi 119 dalam daftar tersebut.

Di urutan ketiga, kendati masih terpaut jauh dari kekayaan Hartono bersaudara, Tan Siok Tjien, pemilik perusahaan produsen rokok Gudang Garam catatkan harta kekayaan sebesar UD 6,85 M atau setara Rp97,5 T.

Artinya, harta kekayaan istri dari pendiri Gudang Garam, Surya Wonowidjojo, ini naik sebesar USD 160 juta atau Rp2,3 T. Saat ini, Tan memegang 69,29% saham Gudang Garam melalui PT Suryaduta Investama.

Meski ada peningkatan kekayaan, sepanjang tahun ini atau year to date, harta kekayaannya anjlok hingga USD 965 juta (Rp13,7 T). Saat ini, Tan berada di posisi 256 dari daftar miliarder versi Bloomberg.

Baca juga: BoA Prediksi Harga Emas Bisa Capai Rp1,5 Juta Tahun Ini! Kok Bisa?

Di tengah anjloknya kekayaan, beberapa anomali masih mungkin terjadi

Prajogo Pangestu berhasil naik ke posisi keempat dalam deretan orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan USD 6,52 M (Rp92,8 T). Prajogo berada di posisi 277 dari daftar miliarder versi Bloomberg.

Ini berarti, pendiri PT Barito Pacific ini catatkan kenaikan USD 308 juta (Rp4,4 T) kekayaan hanya dalam sehari. Meski, secara ytd, hartanya amblas sebesar USD 2,12 M (Rp30,2 T).

Sementara itu, Prakash Lohia, yang menempati urutan kelima orang terkaya di Indonesia, kini memegang kekayaan USD 6,02 M (Rp85,7 T). Dalam sepekan saja, harta pemimpin Indorama Group ini anjlok hingga USD 90 juta (Rp1,3 T).

Akan tetapi, sepanjang tahun atau ytd, harta kekayaan Prakash Lohia justru melesat sebesar USD 595 juta (Rp8,5 T). Ia kini berada di posisi 311 daftar miliarder versi Bloomberg.

Terlepas dari bergeraknya masyarakat ke situasi kenormalan baru, pandemi COVID-19 tampaknya masih sangat berdampak ke situasi kekayaan deretan orang terkaya di Indonesia ini.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Katadata, Okefinance, Katadata

Simak juga:

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Laundromat, Film Netflix yang Bongkar Pengaruh Panama Papers pada Hidup Orang Kaya

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Investasi di Perfilman Indonesia dengan Patuangan Rp10.000 Aja, Mau?

Perusahaan Start Up Ramai Pilih Co-Working Space, Apa Alasannya?