9 Hal Paling Umum Ditanya #SobatCuan ke #CuanMin, Pertanyaan Kamu ada gak?

Jan 07, 2020

Pada 2020 ini, investasi emas diprediksi sedang cerah-cerahnya. Kamu berpikir untuk investasi dengan tabungan emas Antam sebagai resolusi tahun baru? Simak dulu cara nabung emas di aplikasi paling praktis dan aman, Pluang.

Di Pluang, kamu dapat cara nabung emas Antam yang kamu idam-idamkan; sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Nabung emasnya bisa mulai dari 0.01 gram (Rp6,000-Rp7,000an) sampai jadi kepingan yang bisa ditarik fisik mulai dari 1 gram hingga 500 gram.

Baca juga: 7 Alasan Nabung Emas di Pluang Paling Aman

Untuk mengenal Pluang lebih dekat, yuk, simak beberapa pertanyaan umum yang paling sering ditanyakan oleh para #SobatCuan seputar Pluang dan tabungan emas Antam berikut ini.

#1 Investasi emas digital di Pluang itu apa sih min?

Emas digital adalah emas yang diperdagangkan secara digital/online. Investasi emas di Pluang memungkinkanmu untuk membeli emas secara digital dan menyimpannya lewat platform online; aplikasi Pluang.

Berikut ini keunggulan emas digital dibandingkan emas fisik:

cara nabung emas, tabungan emas antam, emas digital, aplikasi tabungan emas, aplikasi investasi emas

Lewat aplikasi Pluang, kamu bisa cek dan pantau harga emas lewat grafik yang menampilkan pembaharuan harga jual dan beli dari waktu ke waktu.

Baca juga: Kulgram Pluang Belajar ‘Plus Minus Emas Fisik & Emas Digital’ Bersama d’Goldfather

#2 Harga emas Antam di Pluang kok bisa paling murah?

Harga emas di Pluang memang sangat kompetitif dan ini salah satu kelebihan Pluang dibandingkan platform tabungan sejenis.

Adapun, harga emas di Pluang relatif lebih murah karena Pluang tidak mengenakan margin atau mengambil keuntungan yang tinggi. Sesuai dengan misi Pluang untuk membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah dan terjangkau.

Selisih harga jual-beli (spread) emas di Pluang juga paling kecil, hanya 3%, dan tanpa ada biaya tambahan apapun baik saat transaksi pembelian maupun penjualan hingga penarikan dana.

Kamu bisa pantau perkembangan harga emas harian dan perbandingan harga pada berbagai platform tabungan emas digital lainnya di laman ini => harga-emas-hari-ini

#3 Pluang sudah lisensi OJK?

Pertama-tama begini, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang berada di bawah Kementrian Keuangan tidak mengatur perdagangan emas digital. Yang mengatur hal tersebut adalah BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) yang berada di bawah Kementrian Perdagangan.

Sehingga perdagangan emas di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi BAPPEBTI, sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia nomor 119 tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Perdagangan Pasar Fisik Emas Digital.

Beberapa pasal dan ayat yang tercantum dalam peraturan tersebut:

Pasal 1 ayat 1: Emas adalah emas murni dengan kandungan Aurum (Au) paling rendah 99,9% yang dapat diperdagangkan melalui Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Pasal 2 ayat 2: Emas Digital wajib diperdagangkan melalui skema dan mekanisme yang aman dan bertanggung jawab yang difasilitasi oleh Bursa Berjangka.

Pasal 3 ayat 1: Pelaku usaha yang melakukan kegiatan usaha perdagangan Emas Digital sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 wajib memperoleh persetujuan dari Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.

Bagaimana dengan produk Pluang Saver (produk tabungan di Pluang tanpa tenor dengan suku bunga hingga 6,5%) yang akan segera launching?  Nah, kalau ini gak perlu khawatir, karena lisensinya jelas dari OJK. Jangan lupa segera daftar waitlist-nya untuk dapat keuntungan paling maksimal ya!

#4 Cara main Pluang gimana, sih?

Eits, tunggu dulu Pluang bukan mainan kakak 😛. Kalau cara nabung emas lewat Pluang seperti cara daftar, penggunaan aplikasi, dan informasi teknis lainnya kamu bisa cek di Pusat Bantuan Pluang. 

Kamu juga bisa menghubungi langsung #cuanmin di nomor telepon 021-80630065 atau email di tanya@pluang.com.

#5 Emas digital yang dibeli bisa dijual lagi di Pluang gak?

Tentu saja, selain fitur beli, aplikasi Pluang juga menyediakan fitur jual dengan selisih harga jual dan beli hanya 3%.

Pluang juga menjamin untuk membeli kembali emas kamu 100%, kapan pun kamu butuhkan. Enggak perlu khawatir, saldo emas digitalmu pasti bisa diuangkan kembali, kok!

#6 Emasnya dari mana? Bisa ditarik fisik?

Meski cara nabung emas di Pluang adalah dalam bentuk digital, emas kamu tetap bisa ditarik fisiknya. Dan emas yang akan kamu dapat dalam bentuk fisik adalah cetakan Logam Mulia dari Antam dengan kadar emas murni 999.9.

Tarik fisik emas bisa dilakukan mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Kamu bisa cek biaya tarik fisik emas Antam per pecahan gram langsung di aplikasi Pluang.

Selain diawasi oleh BAPPEBTI, tabungan emas Antam yang diperdagangkan oleh Pluang by PG Berjangka juga disimpan di PT Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Jadi, enggak ada risiko emas kamu bakal hilang. PT KBI menyimpan emasmu dengan aman untukmu.

Baca juga: Tambah Cuan, Biaya Tarik Emas Fisik di Pluang Turun Drastis!

#7 Pluang jualan Voucher untuk beli emas ya?

Iya dong, Pluang punya voucher digital yang bisa dipakai untuk membeli emas di Pluang. Biasanya nasabah Pluang suka beli voucher terlebih dahulu sebelum beli emas karena voucher digital Pluang selalu ada diskonnya.

Tapi jangan asal beli voucher dari sumber yang tidak jelas ya. Official store Pluang saat ini hanya ada di merchant/e-commerce berikut; Blibli, Ralali, Shopee, Blanja, dan Lazada.

Voucher digital Pluang bisa digunakan untuk membeli saldo emas di akun Pluang kamu. Masa berlaku voucher yaitu selama 1 tahun sejak voucher dikirim. Pada masa aktif ini, kamu bisa redeem atau menukarkannya di aplikasi Pluang.

Nah, soal proses pengiriman voucher ini, kamu bisa menunggu 1-6 jam kerja setelah notifikasi diterima. Jika kamu belum menerima status pesanan “diterima” hingga 6 jam kerja, kamu bisa cek email pada bagian inbox/spam/promosi ya.

Jika belum terima juga, segera kirim email ke tanya@pluang.com dengan sertakan data-data berikut:

  1. Nama Merchant/Ecommerce :
  2. Alamat Email terdaftar pada akun Ecommerce :
  3. Nomor Pesanan :
  4. Screenshot/foto bukti pembelian voucher

Catatan:

  • Nomor Pesanan wajib diketik dalam text version.
  • Screenshot bukti pembelian harus dilampirkan secara terpisah yaitu satu per satu untuk pembelian yang lebih dari satu order.
  • Pembelian voucher pada hari libur/akhir pekan akan diproses pada hari kerja berikutnya

#8 Saya Cashout (tarik dana) kok lama?

Lama waktu yang dibutuhkan untuk transfer saldo kamu di Pluang ke rekening bank paling lama adalah 1 (satu) hari kerja jika ditransfer ke rekening BCA, dan diproses di hari kerja berikutnya jika ke bank selain BCA.

Jadwal penarikan dana ini mengikuti aturan dan jam operasional bank dari Senin-Jumat pukul 09.00-15.00 WIB, sementara untuk hari Sabtu dan Minggu akan diproses pada hari kerja berikutnya.

Selain itu, ada perbedaan waktu yang dibutuhkan untuk memproses penarikan dana yang kamu lakukan. Untuk penarikan dana dengan nominal di atas Rp100 juta, prosesnya akan memakan waktu paling lama 5 (lima) hari kerja dan untuk nominal di atas Rp500 juta, prosesnya paling lama 10 (sepuluh) hari kerja.

#9 Cuanmin lucu, deh, boleh kenalan gak?

Yak, jika kamu terdaftar sebagai pengguna Pluang, kamu pasti akan sering disapa oleh Vania dari Pluang 😉. Vania rajin banget kirimin kamu email seputar update promo, produk baru, juga informasi dan artikel-artikel terkini seputar dunia finansial yang bakal bikin kamu melek investasi.

Kamu juga bisa gabung di grup Telegram Kabar Pluang dan kenalan dengan para #CuanMin lainnya. Di sana kita bisa ngobrol lebih banyak tentang tabungan emas Antam di Pluang. Kami tunggu, ya!

 

Simak juga:

Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Investasikan Danamu di Saham Bluechip

Trump Klaim Tiongkok Lebih Butuh Berdamai, Harga Emas Antam Naik Tipis

3 Kasus Gelembung Aset dalam Sejarah Investasi yang Perlu Kamu Tahu!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!