Jaga Tabungan di Tanggal Tua, Cek Cara Mengatur Keuangan Ini!

Uang

Oct 12, 2020

Cara mengatur keuangan tidak bisa sembarangan! Membuat rencana anggaran biaya bisa menyelamatkan keuangan kamu di tanggal tua.

Saran terbaik dalam merencanakan anggaran adalah membuatnya sesederhana mungkin. Dari banyaknya metode yang ada, membuat persentase adalah yang paling sederhana.

Metode persentase adalah cara mengatur keuangan dengan rencana anggaran biaya yang tepat bagi pemula. Cara mengatur keuangan ini sangat tepat bagi kamu yang belum yakin besaran yang akan dibelanjakan di setiap kategori.

Aturan pembuatan persentase ini sangat praktis dan bagus. Namun, metode ini benar-benar untuk membantu menganggarkan. Tidak lebih.

Setiap rencana anggaran biaya rumah tangga itu unik. Sehingga kamu harus memilik cara mengatur keuangan yang tetap menguntungkan bagi keuangan.

Baca juga: Begini Lho Cara Hitung Rumus Untung-Rugi Investasi, Sudah Coba?

Cara mengatur keuangan ala Dave Ramsey vs Aturan 50/20/30

Metode cara mengatur keuangan paling sering dipakai adalah persentase dari Dave Ramsey dan pembagian 50/20/30.

Persentase dari Dave Ramsey bisa dibilang yang paling rinci. Dia membagi sebelas kategori yang akan kita lakukan beserta dengan persentasenya.

  1. Memberi 10 persen. Besaran orang memberi sedekah berbeda-beda. Namun, tidak ada salahnya jika mulai mengalokasikannya sejak awal.
  2. Menabung 10 persen. Tabungan ini bisa bersifat sebagai dana darurat.
  3. Makan 10 hingga 15 persen. Dalam cara mengatur keuangan, anggaran ini termasuk untuk belanja, makan di luar, dan membeli snack.
  4. Keperluan 5 hingga 10 persen. Keperluan ini mencakup biaya bulanan dan sehari-hari. Misalnya air, gas, internet, dan. Biaya listrik.
  5. Rumah 25 persen. Biaya bulanan hunian tidak boleh melebihi seperempat dari pemasukan kamu.
  6. Transportasi 10 persen. Dalam cara mengatur keuangan, ini meliputi bahan bakar, gani oli, biaya tol, pajak, dan biaya lainnya.
  7. Kesehatan 5 hingga 10 persen. Mengalokasikan biaya kesehatan sangat penting. Karena kita tidak tahu kapan kita akan jatuh sakit.
  8. Asuransi 10 hingga 25 persen. Meskipun sudah memiliki asuransi dari kantor, tidak ada salahnya memiliki backup.
  9. Rekreasi 5 hingga 10 persen. Tidakkah sangat menyenangkan untuk menganggarkan liburan setiap bulan? Rekreasi di sini meliputi biaya menonton di bioskop, tiket konser, dan biaya liburan terencana ke luar kota.
  10. Keperluan personal 5 hingga 10 persen. Tidak jarang kita membutuhkan tambahan uang untuk keperluan tertentu.
  11. Dana macam-macam 5 hingga 10 persen.

Sementara itu, metode 50/20/30 bersifat lebih general. Cara mengatur keuangan ini menyarankan 50 persen penghasilan untuk kebutuhan primer. Kemudian 20 persen untuk tabungan dan dana darurat. Terakhir, 30 persen untuk hiburan, kebutuhan pribadi, belanja, dan lainnya.

Baca juga: Siapkan Dana Pensiun? Kamu Perlu Bangun Portofolio Investasi Ideal

Tantangan mematuhi rencana anggaran

Dari pengamatan yang ada, metode orang-orang cenderung menggunakan metode 50/20/30 sebagai cara mengatur keuangan.

Sebagai akibatnya, orang cenderung kesulitan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Membuat persentase utang juga harus dilakukan secara teliti. Hal ini karena kamu harus menyeimbangkan persentase utang dengan yang lainnya.

Lantas, bagaimana cara mengatur keuangan kita dan tetap mematuhi rencana anggaran yang sudah dibuat?

Tujuan utama memiliki persentase anggaran adalah untuk membantu memandu pengeluaran. Lebih spesifik lagi, ini untuk memastikan bahwa kamu tidak melebihi penghasilan kamu. Agar ini berhasil, kamu harus melacak dan meninjau pengeluaran secara teratur.

Ada beberapa cara mengatur keuangan untuk melakukan pelacakan. Spreadsheet adalah yang paling umum. Namun, ada juga aplikasi digital yang bisa dimanfaatkan. Misalnya saja Every Dollar, dari Dave Ramsey, atau Qube. Aplikasi tersebut akan menunjukkan berapa banyak anggaran yang sudah dibelanjakan.

Selain menggunakan aplikasi, kamu harus melakukan peninjauan rutin terhadap pengeluaran. Dengan begitu, kamu akan mengetahui apakah harus menambah atau mengurangi jumlah uang yang sudah dialokasikan.

Mempraktikkan rumus-rumus persentase yang ada di artikel ini bisa menjadi pintu masuk kamu. kamu tidak harus membuat persentase yang sama dengan yang sudah dijelaskan.

Ingatlah bahwa cara kamu membelanjakan uang adalah cerminan dari hal-hal yang menurut kamu penting.

Persentase cara mengatur keuangan harus tetap sesuai dengan tujuan keuangan masing-masing pribadi.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Girl Talk With FO

Simak juga: