Seberapa Penting Membicarakan Masalah Keuangan dengan Pasangan?

Serba-serbi

Aug 25, 2020

Cinta dan uang adalah dua subjek yang sangat kompleks. Jika dicampur secara sembarangan tanpa menerapkan cara memilih pasangan hidup yang baik, itu bisa menimbulkan bencana. Maka, kamu harus mempelajari cara memilih pasangan hidup sebelum memutuskan memilih pasangan.

Kerap kita dengar pasangan yang hubungan asmaranya berantakan karena permasalahan finansial. Tidak sedikit yang kemudian harus berpisah karena kesalahan pengelolaan finansial bersama.

Dengan menerapkan cara memilih pasangan hidup yang baik dapat membuatmu lebih dekat dengan tujuan kemandirian dan kebebasan finansial. Jadi, sudah memikirkan cara memilih pasangan hidup demi tujuan ini?

Itu semua tergantung pada aturan dasar, perjanjian, dan strategi keuangan yang kamu buat dengan pasanganmu. Komunikasi adalah kunci cara memilih pasangan hidup, dan semakin awal komunikasi dimulai, semakin baik.

Komunikasi yang baik itu sudah harus dimulai sejak masih pacaran hingga kemudian di jenjang pernikahan.

Kejujuran juga harus ditekankan dalam cara memilih pasangan hidup. Dengan mengedepankan kejujuran, sikap saling percaya dalam mengarungi bahtera rumah tangga akan muncul. Tak terkecuali dalam ihwal pengelolaan keuangan bersama.

Baca juga: Cari Pacar Baru? Ini 7 Alasan Kenapa Pengusaha Cocok Jadi Pendamping Hidupmu

Lima langkah terpenting sebagai cara memilih pasangan hidup

cara memilih pasangan hidup yang baik

Cara memilih pasangan hidup yang baik harus diterapkan agar kamu memperoleh seorang pendamping yang bisa dipercaya dalam perkara finansial. Pasanganmu harus mampu bersinergi denganmu dalam pengelolaan keuangan.

Bayangkan jika kamu tidak menerapkan caranya… Bisa saja kamu mendapatkan pasangan yang buta finansial dan tidak mampu mengelola keuangan kalian dengan baik. Padahal kalian hidup bersama dan bertanggungjawab bersama mengelola kehidupan finansial kalian.

Ini adalah langkah terpenting yang harus diambil pasangan ketika mereka memutuskan untuk mulai menggabungkan kehidupan finansial mereka:

  • Komunikasikan dengan jelas dan sedini mungkin tentang keuangan untuk menghindari ketidaksepakatan kecil yang berkembang menjadi pertengkaran.
  • Rekening bersama paling baik untuk pasangan dengan pandangan dan kebiasaan keuangan yang sama.
  • Gaya investasi berbeda dari kepribadian keuangan umum dan harus menjadi perbincangan tersendiri.
  • Pastikan setiap orang memainkan peran dalam keuangan, meskipun ukuran peran itu dapat bergantung pada tingkat minat orang tersebut.
  • Tetapkan tujuan keuangan dalam hubungan kamu dan bantu satu sama lain untuk mencapai tujuan tersebut.

Lagi-lagi dijelaskan bahwa komunikasi adalah kuncinya. Keputusan finansial apapun harus diputuskan bersama oleh kedua belah pihak. Minimnya atau tidak adanya komunikasi yang baik dapat memicu munculnya pertengkaran-pertengkaran yang sebenarnya tidak perlu.

Poin kedua tersebut di atas adalah langkah penting dalam cara memilih pasangan hidup. Pasanganmu harus mempunyai pandangan dan kebiasaan keuangan yang sama denganmu. Dengan demikian, kalian kemudian bisa membuat sebuah rekening bank bersama di mana uang kalian berdua disimpan bersamaan di akun itu.

Baca juga: Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Faktor keuangan penting saat mulai menyatukan kehidupan keuangan dengan pasangan

#1 Cara memilih pasangan hidup – Tidak semua pasangan membutuhkan rekening bersama

Selama beberapa dekade, para ahli telah memperdebatkan apakah akun tunggal atau gabungan lebih baik untuk pasangan. Kedua sisi perdebatan sama-sama memiliki tujuan hubungan yang sama: Menciptakan pernikahan yang lebih kuat sambil saling membantu menjaga tanggung jawab finansial.

Beberapa percaya bahwa akun bersama menciptakan rasa persatuan yang penting untuk suatu hubungan. Di sisi lain, akun terpisah memungkinkan setiap orang mempertahankan kemandiriannya, yang dapat memperkuat hubungan.

Sayangnya, tidak ada jawaban yang jelas untuk pasangan yang terjebak di tengah perdebatan ini.

Cara terbaik untuk menentukan jenis akun apa yang terbaik untuk hubungan kamu adalah dengan mempertimbangkan kepribadian finansial kamu dan pasanganmu.

#2 Jangan biarkan strategi investasi menyebabkan gesekan

Jika kalian berdua senang berinvestasi, pastikan kalian memiliki gaya investasi yang serupa sebelum kalian membuka akun pialang bersama. Jika suatu investasi terlalu berisiko untuk satu orang, tetapi mereka dipaksa untuk berinvestasi melalui rekening bersama, hal itu dapat merusak hubungan.

Bahkan jika investasi berisiko pada akhirnya menghasilkan uang, drama pribadi antara kamu dan pasangan bisa lebih besar daripada keuntungannya. Ini berjalan dua arah; investor yang terlalu berhati-hati dapat membuat frustrasi mitra berisiko tinggi mereka.

Ini adalah percakapan penting untuk dilakukan secara terpisah dari percakapan yang lebih umum tentang kepribadian keuangan. Dua orang dapat menganggap diri mereka sama-sama disiplin terhadap uang, tetapi kemudian menemukan bahwa mereka sangat berlawanan dalam hal gaya investasi.

#3 Cara memilih pasangan hidup – Abaikan stereotip gender

Yang ini tidak perlu dikatakan lagi, tetapi gender tidak menentukan siapa yang harus menghasilkan lebih banyak uang atau mengontrol keuangan dalam suatu hubungan.

Jika kamu akan membagi pembayaran tagihan atau menugaskan tugas uang kepada satu orang, keputusan harus didasarkan pada siapa yang lebih bertanggung jawab secara finansial , dan tidak ada yang lain.

Jadi, apakah kamu sudah paham cara memilih pasangan hidup yang baik? Jika kamu sudah paham cara memilih pasangan hidup, segera praktikkan! Pilih pasangan yang menurutmu ideal dan pas, lalu jalankan langkah-langkah di atas. Niscaya hubunganmu dengan pasanganmu akan baik-baik saja.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: The Balance

Simak juga:

Memahami Analisa Saham 52 Weeks High Low dalam Investasi

Apa Itu Strike Price?

Investasi Saham Sesuai Kondisi Pasar, Bagaimana Caranya?

Cuan dengan Manfaatkan Celah Bid Ask Spread untuk Dapatkan Untung

Memahami Analisa Saham 52 Weeks High Low dalam Investasi