Khawatir Belanjaan Terkontaminasi Corona? Ikuti 3 Cara Efektif Ini Yuk!

Serba-serbi

Apr 03, 2020

Dengan anjuran untuk banyak-banyak mencuci tangan dalam menghadapi wabah virus corona, kamu mungkin juga bertanya, lalu apa ada hal khusus yang perlu dilakukan sebagai cara membersihkan belanjaan?

Demi mengurangi risiko paparan virus corona SARS-CoV-2, ada anjuran yang diterapkan untuk mengantisipasi risiko penularan.

cara membersihkan belanjaan

Dari imbauan #dirumahaja hingga cara membersihkan belanjaan pun menjadi perhatian sebagian besar orang saat ini untuk menghadang laju wabah virus corona.

Kecuali untuk kegiatan penting seperti perawatan medis, berolahraga, mengajak jalan-jalan binatang peliharaan, atau berbelanja bahan makanan, sebagian besar masyarakat global hari ini telah bersepakat untuk diam di rumah saja.

Selain swakarantina, praktik menerapkan jaga jarak sosial, mencuci tangan, dan anjuran untuk tidak banyak menyentuh wajah juga diterapkan.

Di saat kita sudah terbiasa menerapkan anjuran diam di rumah, berbelanja bahan makanan saat keluar rumah tentu memicu kepanikan tersendiri. Tapi, tenang, kamu bisa hadapi situasi ini dengan trik-trik cara membersihkan belanjaan berikut.

Baca juga: Jangan Boros dengan Dana Daruratmu, Ini 5 Strategi Aman Hadapi Krisis

Berbelanja di supermarket dengan aman, ikuti tips berikut ini

wabah virus corona

Saat berbelanja, kita tentu jadi perlu berinteraksi dengan banyak orang lainnya. Banyak barang yang kita beli juga telah disentuh oleh orang lain. Sementara, kita tidak tahu apakah saat mereka menyentuh barang, tangan mereka aman dari percikan bersin atau batuk. Aduh.

Selama kamu mempraktikkan trik berikut ini, kamu akan aman untuk berbelanja di supermarket. Jadi, seberapa besar risiko wabah virus corona dari bahan makanan dan bagaimana cara membersihkan belanjaan demi terhindar dari penyakit ini?

Charlotte Baker, DrPH, MPH, asisten profesor epidemiologi di Virginia-Maryland College of Veterinary Medicine di Blacksburg, Virginia menyebutkan risiko terbesar di supermarket adalah kontak dekat dengan orang lain yang sakit.

Karenanya, saat kamu belanja di supermarket, pastikan kamu berada di jarak 1,8 meter dari orang lain setiap saat. “Jangan takut untuk minta orang lain untuk mundur jika berada terlalu dekat denganmu,” ujar Baker.

Atau, kamu bisa tunggu beberapa saat jika ingin mengambil sesuatu dan biarkan orang lain bergerak menjauh.

Sumber Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa selain membatasi kontak, kita juga perlu menghindari menyentuh permukaan yang terkontaminasi. Juga, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut apabila kita belum membersihkan tangan.

Studi New England Journal of Medicine menemukan bahwa virus terdeteksi pada plastik dan stainless steel hingga 72 jam, dan pada kardus hingga 24 jam.

Saat berada di supermarket, kita harus mengasumsikan atau menganggap permukaan di mana saja telah tersentuh oleh orang yang sakit demi lebih waspada. Termasuk juga makanan yang diproduksi dan dikemas.

Baca juga: Hemat Uang Belanja Demi Menabung, Begini 9 Cara Mudahnya

Setiba di rumah, terapkan cara membersihkan belanjaan berikut

cara membersihkan belanjaan

Sekembalinya dari berbelanja ke supermarket, kamu perlu membersihkan dengan hati-hati belanjaanmu. Ini akan mengurangi kemungkinan penyebaran virus ke orang lain atau permukaan di rumah.

#1 Cuci bersih bahan belanjaan dan cuci tangan berkali-kali

Seorang profesor makanan dan nutrisi di University of Georgia, Elizabeth L. Andress, PhD mengatakan setidaknya kita harus mencuci tangan setelah membongkar dan menyimpan bahan makanan.

“Beberapa orang mungkin memilih untuk menghapus atau mencuci kaleng dan kotak makanan.” ujar Andress. Selain melakukan itu, kamu juga bisa masukkan bahan makanan ke wadah berbeda.

Setelahnya, cuci atau lap meja atau permukaan lain yang disentuh oleh bahan makanan atau tas belanjaan. Lalu, cucilah tanganmu kembali.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menegaskan bahwa membersihkan dan mendisfeksi rumah terbilang penting selama pandemi.

#2 Tinggalkan belanjaan di tempat aman selama 72 jam hingga virus mati

Cara lain yang bisa kamu tempuh jika menganggap membersihkan bahan belanjaan masih berisiko adalah dengan menaruh barang belanjaan di garasi atau teras selama setidaknya 72 jam.

Ini diperkirakan bisa memungkinkan virus tidak aktif.

#3 Gunakan teknik steril sebagai cara membersihkan belanjaan

Namun, jika ini tidak dapat dilakukan, kamu bisa menggunakan teknik steril. Caranya adalah dengan menyiapkan lokasi khusus untuk membersihkan dan menghindari kontaminasi makanan atau pembungkusnya.

Untuk membersihkan buah-buahan dan sayuran, cara membersihkan belanjaan yang ps disarankan dengan menggosoknya selama 20 detik dengan sabun dan air. Pastikan kamu mencuci dengan membilasnya bersih.

Semoga kita dapat senantiasa menerapkan cara membersihkan belanjaan ini selama masa pandemi ini demi menghindari peluang terkena virus! Tetap jaga kesehatan!

Sumber: Kontan

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!