Jajal Peruntungan Bisnis Kuliner Online, Ini 7 Cara yang Bisa Kamu Coba

Dec 20, 2019

Lelah bekerja kantoran? Mulai berpikir untuk bekerja dari rumah sambil menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga? Kamu bisa tetap di rumah dan menghasilkan uang dengan mulai berbisnis online. Coba cara bisnis kuliner online yuk. Simak caranya berikut ini!

Cara bisnis kuliner online dari rumah yang menguntungkan

cara bisnis kuliner online

Cara bisnis kuliner online #1 Tentukan kategori makanan yang dijual

Pilih makanan apa yang mau kamu jual. Bisa dipilih dari makanan apa yang kamu suka atau supplier mana yang lebih mudah kamu dapatkan. Misal frozen food, salad buah, cake.

Pikirkan mana yang efektif bisa disimpan, dijual dan dikirim. Misal saja frozen food, kamu harus memikirkan bagaimana makanan tersebut tahan lama dan jaminan barang itu sampai dengan selamat dan sesegera mungkin.

Selain memilih jenis makanan apa yang kamu mau jual, pikirkan keunikannya dibanding kompetitor lain. Tentukan menu andalanmu yang kamu rekomendasikan untuk orang lain. Rasa, varian, kepraktisan, harga bisa jadi alternatif. Sehingga brand kamu bisa bertahan lama. Pikirkan ‘kenapa’ orang harus membeli barang kamu.

Cara bisnis kuliner online #2 Bikin skema bisnis

Tentukan nama brand kamu dan identitasnya. Apakah makanan fancy yang mudah terjangkau atau makanan sehat yang praktis?

Putuskan bagaimana kemasannya yang aman. Bandingkan harganya dengan kompetitor lain. Hitung berapa cost yang kamu keluarkan. Kemudian tentukan harganya yang bisa bersaing di pasar.

Anggap kamu sebagai konsumen. Apakah kamu senang barang tersebut setelah sampai, apakah packagingnya rapi, apakah harganya terjangkau dan apakah cita rasanya enak dan fresh. Kalau kamu kecewa saat menerima barang bisa jadi kamu masih perlu banyak perbaikan. Coba tanya masukan teman dan keluarga untuk membuat kamu lebih mantap sebelum memulai.

#3 Beri servis dan kenyamanan yang terbaik

Tidak hanya kualitas produk yang harus diperhatikan, tapi juga bagaimana layanan yang diberikan. Apakah produk jualanmu bisa memberikan kesan pertama yang baik?

Servis yang ramah dan cepat juga adalah hal yang utama dalam berbisnis. Apabila ada kesalahan dari pihak penjual, jangan segan meminta maaf atau memberi bonus karena kepercayaan konsumen tetap harus dijaga.

Berikan juga solusi yang jitu dan cepat untuk permasalahan yang muncul.  Konsumen pun menjadi nyaman untuk terus membeli di tempat kamu.

#4 Buat toko online

Setelah menentukan barang yang ingin dijual. Buat platform online untuk menjualnya. Buat foto semenarik mungkin namun tetap sesuai realita. Berikan deskripsi yang lengkap. Coba jual di platform digital seperti e-commerce, Facebook dan Instagram.

Teruslah konsisten dan aktif di media sosial. Buat tema yang kreatif tiap waktu agar mendapat perhatian yang lebih banyak dari konsumen. Kamu juga bisa memulai dengan promo launching, bekerja sama dengan para food blogger atau selebgram dan membuat booth di event-event yang sesuai dengan target market kamu.

Selain itu, kamu bisa melakukan aktivitas promo di waktu-waktu tertentu misal promo hari raya.

#5 Terus berinovasi

Jangan banyak berdiam diri, cari resep-resep baru yang disukai dan tren terbaru. Sering mengamati target dan market untuk mendapatkan ide terbaru.

Terkadang bisnis menemui masa jenuh atau hambatan, supaya tidak stagnan atau menurun, mulai dengan mengeluarkan menu baru atau paket baru sesuai season yang sedang berlangsung.

Jangan malu bertanya pada konsumen apa masukan dan kritik untuk usaha kulinermu. Dari situpun bisa muncul ide baru yang bisa melancarkan bisnismu.

#6 Buat pembukuan keuangan yang rapi

Hal ini yang sering dilupakan para pengusaha. Catat semua biaya yang kamu keluarga dan biaya yang masuk. Hitung berapa profit kamu perbulan supaya kamu tahu sampai di mana bisnis kamu.

Mana menu yang banyak terjual sehingga bisa kamu manfaatkan untuk promo selanjutnya. Jangan gabungkan rekening pribadi dan rekening usaha. Agar duit tidak tercampur dan salah dipergunakan.

Setiap bulan profit yang telah dihitung, kirim ke rekening pribadi kamu sehingga bisa menjadi reward untuk jerih payahnya selama ini.

#7 Mulailah segera

Setelah banyak berpikir dan mengamati, cara bisnis kuliner online lain yang paling jitu adalah memulai. Kamu tidak akan tahu bagaimana hasilnya kalau tidak segera mencoba. Yuk mulai segera!

Sumber: IDNTimes, Finansialku

Baca juga:

7 Investasi Unik Mainan yang Akan Laku Mahal di Masa Depan, Minat Beli?

Staycation di Jakarta? Ini 8 Hotel Murah di Sepenjuru Jakarta yang Bisa Kamu Pilih

5 Trik Cuan Investasi Tas Branded Original dari Hermes hingga Louis Vuitton