Selain Rich Dad Poor Dad, Baca 3 Rekomendasi Buku Finansial Ini!

Serba-serbi

Sep 02, 2020

Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang berguna untuk dilakukan di saat waktu luang. Jika kamu sangat peduli dengan kondisi finansialmu, maka membaca buku finansial terbaik adalah pilihan yang tepat. Di artikel ini kamu akan mendapatkan rekomendasi buku bacaan yang pas untuk belajar mengelola keuangan.

Membaca berbagai buku keuangan penting untukmu agar lebih paham tentang literasi keuangan.

Literasi keuangan mengacu pada pengetahuan berbagai produk keuangan yang membantu investor dalam pengelolaan uang, keuangan pribadi, investasi, dan perencanaan pajak. Dengan membaca berbagai buku finansial terbaik yang ada dalam rekomendasi buku bacaan artikel ini, kamu akan lebih melek literasi keuangan.

Literasi keuangan adalah tentang seberapa bijaksana seseorang dalam mengelola keuangannya sehingga membangun persyaratan yang diperlukan seperti dana darurat dan dana pensiun

Dan juga bagaimana seseorang merencanakan untuk mengurus asuransi, perencanaan harta benda, membayar pendidikan, dan lain-lain.

Baca juga: Apa Itu Literasi Finansial?

Jadi, buku finansial terbaik apa yang harus dibaca? Simak rekomendasi buku bacaan berikut!

Robert Kiyosaki berkata bahwa “setiap orang yang lulus sekolah buta huruf secara finansial.” maka, tambahkan buku-buku keuangan ini ke daftar bacaan kamu untuk meningkatkan pengetahuanmu tentang literasi keuangan.

Buku pertama yang berada di urutan teratas rekomendasi buku bacaan adalah Rich Dad Poor Dad karya Robert Kiyosaki.

Buku ini adalah kisah seru di mana sang penulis berbagi kisah pembelajaran dan pengalamannya dari kedua ayahnya, yang satu ia sebut “ayah miskin” (poor dad) dan yang lain “ayah kaya” (rich dad).

Dalam buku ini pembicara-penulis-miliuner Robert Kiyosaki menganjurkan pentingnya literasi keuangan, serta memberikan aturan dan prinsip dasar untuk mencapai kebebasan finansial.

Apa yang diajarkan oleh Robert T. Kiyosaki

Beberapa poin penting yang diajarkan Kiyosaki di buku ini di antaranya adalah “orang kaya tidak bekerja untuk uang; mereka membuat uang bekerja untuk mereka”, serta “uang tanpa kecerdasan finansial akan cepat lenyap.”

Buku keuangan kedua adalah The Intelligent Investor karya Benjamin Graham. Buku ini secara global diakui sebagai buku terbaik untuk memahami investasi nilai, sebuah taktik investasi di mana para investor memilih saham-saham yang di  bawah nilai.

Bahkan Investopedia menyebutkan bahwa jika fisikawan harus membaca buku Isaac Newton tentang gravitasi, maka para investor harus membaca buku karya Graham yang mengajarkan tentang keuangan dan investasi ini.

Poin penting yang diajarkan Graham di buku ini antara lain adalah “saat menganalisis saham, buang jauh ketamakan dan ketakutan”, dan “lindungi dirimu dari kekalahan besar dengan cara diversifikasikan portofoliomu”.

Rekomendasi buku bacaan ketiga adalah The Richest Man in Babylon karya George S. Clason. Buku ini memang diterbitkan pada 1926. Namun, konsep dan pembelajarannya masih relevan untuk skenario masa sekarang.

Buku ini merupakan kisah menarik berlatar Babilonia kuno yang mengungkapkan rahasia sukses dan rahasia mengumpulkan kekayaan pribadi.

Poin penting yang Clason paparkan dalam buku ini di antaranya adalah “kamu harus selalu menerima saran dari para ahli di bidangnya”, serta “investasikan uang yang kamu hemat”.

Baca juga: Mau Belajar Investasi? 5 Rekomendasi Buku Ini Wajib Kamu Baca!

Rekomendasi buku bacaan lain yang patut kamu simak

#1 Buku finansial terbaik – The Richest Engineer karya Abhishek Kumar

Dalam buku ini penulis menanyakan sebuah pertanyaan penting “pernahkah kamu berpikir kenapa sebagian orang bisa kaya dengan mudah, sementara orang lainnya harus bekerja keras dan tetap miskin sepanjang hidupnya?”

Kumar menjawab pertanyaan ini dengan bantuan cerita dan percakapan antara dua sahabat Vinay dan Ajay.

Kumar menyatakan bahwa kamu harus mengumpulkan kekayaan dengan menginvestasikan pendapatan kamu dengan benar. Ia juga memberikan beberapa prinsip dasar yang harus diikuti.

#2 From The Rat Race to Financial Freedom karya Manoj Arora

Buku keuangan ini mencoba mengajarkan makna sebenarnya dari “kebebasan finansial” melalui cara yang termudah.

Di dalam bukunya Manoj Arora berkata bahwa kita semua terjebak dalam perlombaan tikus (rat race) yang tidak berakal. Cara hidup di mana orang-orang terjebak dalam perjuangan persaingan sengit di mana mereka ingin mendapatkan lebih banyak uang.

Arora menegaskan jika seseorang ingin keluar dari rat race ini dan mencapai kebebasan finansial, maka ia harus mengendalikan keuangannya dan menyusun rencana keuangan pribadi.

#3 Buku keuangan – Your Money or Your Life karya Joseph R. Dominguez

Buku ini membahas tentang mengubah hubungan kamu dengan uang yang lebih dari sekadar penghasilan, pengeluaran, tabungan, atau utang.

Menurut Dominguez, hubungan ini termasuk faktor waktu yang harus kamu keluarkan untuk keempat fungsi ini, serta rasa puas saat kamu terhubung dengan keluarga kamu.

Itu tadi rekomendasi buku bacaan yang dapat kamu baca di waktu luangmu. Dengan mengikuti saran-saran dari buku keuangan tersebut, niscaya kamu akan lebih paham dan pintar literasi keuangan sehingga dapat meraih kebebasan finansial.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Wallstreetmojo

Simak juga:

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Apa Itu Ledger (Buku Besar)?

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial