4 Cara Tepat Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak

Serba-serbi

Jul 13, 2019

Biaya pendidikan menjadi salah satu hal yang cukup krusial dalam anggaran keluarga. Bagaimana tidak, dilansir dari situs CNN Indonesia bahwa “Biaya pendidikan selalu naik setiap tahunnya, bahkan seringkali lebih tinggi dibandingkan inflasi.”

Ironisnya, tidak semua orang tua menyiapkan biaya pendidikan anak sejak dini. Dampaknya, cukup banyak orang tua yang kebingungan mengatasi hal ini.

Nah, lewat artikel ini kita akan membahas tentang empat langkah tepat menyiapkan biaya pendidikan anak agar masalah ini tidak menimpa keluarga kita. Ulasan ini pun bisa bermanfaat bagi para pasangan muda yang mungkin belum menyiapkan biaya pendidikan untuk anaknya kelak.

1. Rencanakan Jenjang Pendidikan Anak

Sebagai orang tua, hal pertama yang perlu kita lakukan dalam menyiapkan biaya pendidikan anak yaitu perencanaan jenjang pendidikan si buah hati.

  1. Jika anak kita akan masuk play group atau TK sekitar 3 tahun dari sekarang, maka kita perlu strategi investasi dengan tujuan jangka menengah.
  2. Apabila anak kita akan masuk SD sekitar 6 tahun dari sekarang, maka kita perlu strategi investasi dengan tujuan jangka menengah dan panjang.
  3. Jika anak kita akan masuk SMP sekitar 12 tahun dari sekarang, maka kita perlu strategi investasi dengan tujuan jangka panjang.
  4. Apabila anak kita akan masuk SMA sekitar 15 tahun dari sekarang, maka kita perlu strategi investasi dengan tujuan jangka panjang.
  5. Jika anak kita akan masuk perguruan tinggi (S-1) sekitar 18 tahun dari sekarang, maka kita perlu strategi investasi dengan tujuan jangka panjang.

2. Hitung Biaya Pendidikan Anak

Setelah merencanakan jenjang pendidikan untuk anak, selanjutnya kita perlu menghitung biaya pendidikan mereka dengan memerhatikan inflasi pendidikan dengan rerata 15% – 20% per tahunnya.

Besaran biaya pendidikan anak tergantung pada pemilihan sekolah (negeri atau swasta), jarak dari rumah ke sekolah, uang jajan dan makan anak, dan sebagainya. Semakin rinci kita menghitung biaya pendidikan anak, semakin bagus.

Baca juga: Cara jitu memilih tabungan pendidikan anak

3. Pilih Produk Investasi yang Tepat

Setelah menghitung total biaya pendidikan anak, selanjutkan kita perlu memilih produk investasi yang tepat sesuai dengan target jenjang pendidikan anak kita.

Untuk tujuan jangka menengah dan panjang, investasi emas sangat menjanjikan.

Tidak hanya emas, investasi reksadana campuran dan saham, serta membeli saham LQ45 pun bisa menjadi alternatif. Namun, bila hanya membutuhkan biaya untuk 1 – 3 tahun ke depan. Kita bisa berinvestasi pada tabungan berjangka karena cukup menjanjikan daripada tabungan konvensional atau biasa.

Selain itu, kita juga bisa menempatkan uang kita ke dalam reksadana pasar uang (0 – 1 tahun) atau trading lewat stock index & forex, dan pendapatan tetap. Diversifikasi ini bertujuan untuk meminimalisir risiko kerugian.

4. Libatkan Anak dalam Menyiapkan Biaya Pendidikan

Apabila anak kita sudah cukup besar, jangan lupa libatkan mereka dalam merencanakan dan memilih pendidikan yang terbaik untuk mereka.

Tidak lupa juga, ajak anak berinvestasi pada produk-produk investasi yang sudah kita pilih dan yakini bagus pertumbuhannya. Namun sebelum itu kita perlu mendidik anak dalam mengelola keuangan mereka dengan bijaksana.

Pertama, 10% dari uang saku anak digunakan untuk berinvestasi & menabung. Kedua, 10% dari uang saku anak digunakan untuk membeli asuransi jiwa & kesehatan.

Baca juga: Menyiapkan Pendidikan Anak? Cek 3 tabungan Pendidikan terbai ini

Jika asuransi kita, dirasa sudah melindungi seluruh anggota keluarga, maka porsi ini bisa dialihkan untuk investasi biaya pendidikan anak. Ketiga, 30% dari uang saku anak digunakan untuk membayar cicilan utang atau dana darurat.

Dan terakhir, 50% dari uang saku anak dalam sebulan digunakan untuk membiayai kehidupan mereka sehari-hari.

Dengan pengelolaan uang tepat dan pendidikan investasi sejak dini, mampu memotivasi anak untuk hidup mandiri, bertanggung jawab, disiplin, dan merealisasikan segala harapan dan kebutuhan mereka. Termasuk menyiapkan biaya pendidikan anak kita sendiri.

Nah, gimana? Apakah kamu sudah punya gambaran tentang persiapan biaya pendidikan anak-anakmu? Mari kita lebih bijak dalam menyiapkan pendidikan berkualitas untuk anak kita lewat perencanaan yang matang.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!