Sudah Mulai Bosan WFH? Ini 5 Trik Santuy Menghadapi COVID-19

Mar 26, 2020

Bagi kamu yang sudah sekian hari ini mengurung di dalam rumah, pastinya sudah mikirin, dong, bagaimana caranya bertahan hidup menghadapi wabah coronavirus ini?

Selama seminggu, bisa dilewati. Tapi, jika diperpanjang jadi sebulan? Atau setahun? Pemerintah Britania Raya menyebut bahwa krisis akibat COVID-19 ini mungkin akan berlanjut hingga Juni 2021. Wah!

Seluruh dunia mengalami krisis. Olimpiade Tokyo diundur ke 2021, festival film Cannes ditunda, bioskop ditutup sementara, dst. AS bahkan umumkan stimulus sebesar USD 2 triliun untuk mengatasi kehancuran ekonomi yang bisa diakibatkan oleh wabah ini.

menghadapi wabah coronavirus covid 19

Sementara kita? Kita hanya diminta oleh pemerintah untuk sebisa mungkin bertahan hidup menghadapi wabah coronavirus ini dengan swakarantina demi mengurangi penjalaran virus.

Jadi, mari kita membantu meringankan beban para tenaga medis yang menjadi pejuang garda depan menghadapi wabah coronavirus dan ancaman COVID-19 yang kian melebar. Berikut ini tips bertahan hidup di rumah dan menjaga daya tahan tubuhmu.

Baca juga: Kekayaan 10 Orang Terkaya di Dunia Ini Amblas Lantaran Covid-19, Siapa Saja Mereka?

#1 Yang perlu dan tidak perlu kamu lakukan untuk bertahan hidup di masa krisis

bertahan hidup

Ini waktu yang menakutkan untuk berbelanja keluar rumah. Jadi, pastikan kamu bisa memenuhi kebutuhanmu selama sepekan dalam sekali berbelanja.

Tapi jangan lakukan ini: menimbun barang yang tidak kamu perlukan dan masker atau obat-obatan yang penting. Yang perlu kamu pastikan: sediakan banyak makanan, air, dan rencanakan agenda beraktivitas dalam ruangan.

Yang perlu kamu ketahui, gejala COVID-19 meliputi demam, batuk, dan sesak napas. Virus ini juga dapat menyebabkan sakit atau nyeri pada tubuh, batuk, hidung tersumbat, pilek, dan sakit tenggorokan.

Sebagian besar penderita dengan imunitas yang baik cenderung tidak menunjukkan gejala. Karena itu, swakarantina alias mengurangi interaksi dengan orang lain diperlukan untuk mengatasi wabah.

Hal yang perlu kamu lakukan untuk bertahan hidup menghadapi wabah coronavirus ini dan memastikan orang-orang di sekitarmu juga melakukannya:

  • Tetap di rumah (terutama jika kamu sakit) kecuali kamu benar-benar harus pergi.
  • Jika kamu keluar dan hanya di sekitar rumah, jaga jarakmu dari orang lain (sekitar enam kaki). Hindari kelompok 10 orang atau lebih.
  • Tutupi mulut dan hidungmu saat bersin atau batuk (gunakan siku atau tisu).
  • Cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Yang banyak! Kamu juga dapat menggunakan pembersih tangan dengan alkohol setidaknya 60 persen jika sedang bepergian.
  • Bersihkan dan disinfeksi area di rumahmu yang sering kamu sentuh.

Baca juga: Banyak yang Panik Belanja Lantaran Wabah Corona, Ini Penyebabnya

#2 Bertahan hidup di tengah COVID-19: sediakan kebutuhan primermu

menghadapi wabah coronavirus

Terus terang saja, persediaan yang paling penting untuk kamu pasok adalah: makanan, air, dan tempat tidur yang hangat. Pastikan kamu memiliki stok yang cukup untuk menghadapi keadaan darurat. Jangan sampai berbulan-bulan kamu cuma makan mi instan doang!

Berikut ini keperluan primer yang kamu perlu pastikan:

  • Stok makanan selama tiga minggu: Jangan beli makanan lebih banyak dari yang kamu butuhkan. Sediakan makanan yang dapat bertahan lama seperti kacang kering, nasi, pasta, dan mi telur. Kamu juga bisa beli beberapa kaleng sarden/makarel/tuna atau setoples abon sapi/abon ayam. Untuk sayuran dan buah, kamu bisa beli sayuran beku atau pasok sayur atau buah dalam jumlah cukup banyak di kulkas.
  • Galon air: Jika sebelumnya kamu tidak punya galon air, ini saatnya membelinya. Sekaligus dispenser, jika kamu perlu air hangat. Tapi kalau kamu bisa memasak air di rumah, tentu akan membantu berhemat.
  • Persediaan obat-obatan: Sediakan obat-obatan dan suplemen makanan/vitamin yang selama ini kamu butuhkan. Pastikan tubuhmu mengasup vitamin B kompleks dan C setiap harinya untuk membantu tingkatkan imunitas tubuh.
  • Siapkan dirimu di situasi terburuk untuk bertahan hidup. Sediakan perencanaan matang jika ada orang di rumahmu yang sakit, atau jika kamu sendiri yang sakit. Siapkan rencana swakarantina/isolasi agar tidak menulari penyakit.
  • Pasokan kebutuhan mandi/mencuci: sabun mandi, hand-sanitizer, deterjen, dll.

#3 Hal yang kamu tidak benar-benar butuhkan untuk hadapi COVID-19

menghadapi wabah coronavirus

Sebaiknya, jangan beli persediaan lebih dari beberapa minggu sekaligus. Panik-membeli barang-barang yang kamu tidak butuhkan dalam jumlah besar dan memborong persediaan toko tidak akan membantumu bertahan hidup juga, kok! Mungkin malah memborong barang yang tidak perlu justru merugikan mereka yang betul-betul membutuhkan.

Supermarket sudah berjuang untuk memenuhi permintaan untuk beberapa item karena semua orang panik dan membeli terlalu banyak. Cobalah untuk berpikir jernih tentang barang apa yang kamu butuhkan dan tidak butuhkan.

Berikut ini adalah barang-barang yang tidak benar-benar kamu perlukan:

  • Masker Wajah (kecuali jika kamu sakit): Mengenakan masker wajah memang tampaknya memberi perlindungan dari COVID-19, tetapi kamu lebih baik mencuci tangan daripada membeli masker wajah dalam jumlah besar.
  • Bertahan hidup, sih, bertahan hidup. Tapi jangan beli makanan yang bikin kamu haus!! Jika kamu terlalu banyak makan snack yang mengandung alat pengawet dan kamu jatuh sakit, nanti kamu malah mengira kamu terkena virus SARS-CoV-2. Kan, jadi berabe?
  • Jangan borong barang-barang dalam jumlah besar yang sebenarnya bisa untuk stok selama setahun-dua tahun! Mubazir! Belilah secukupnya, untuk keperluan 1-3 minggu.

Baca juga: Kerja dari Rumah? Ini 5 Aplikasi untuk Video Call Meeting dengan Rekan Kerjamu

#4 Bertahan hidup dan bikin nyaman dirimu sendiri

bertahan hidup

Karena swakarantina dengan work from home atau #stayathome semata bisa bikin kamu sangat jenuh, pastikan kamu bikin ruangan tempat tinggalmu nyaman bagimu.

Pastikan juga kamu tidak terlalu banyak membaca berita tentang COVID-19. Atur waktu yang pas untuk membaca berita, seperti di tengah hari, ketika kamu sudah menyelesaikan pekerjaanmu.

Hias kamarmu supaya kamu betah tinggal lama. Berikut ini barang-barang yang mungkin kamu perlukan untuk bertahan hidup lama di rumah dan membuat tempat tinggalmu lebih nyaman:

  • Declutter alias bersihkan kamarmu/rumahmu dari barang-barang tidak perlu. Hanya tempatkan koleksi pribadi yang menurutmu penting dan punya arti personal bagimu.
  • Dekorasi kamarmu sesuai dengan seleramu. Tempatkan barang-barang lebih teratur.
  • Aplikasikan warna-warna yang sesuai dan membuatmu merasa nyaman. Kamu bisa pilih warna favorit atau kombinasi warna-warna pastel/netral untuk memberi nuansa nyaman.
  • Selain mengubah tempat beberapa barang, perbaiki letak kasur dan mejamu untuk memberi suasana berbeda setiap beberapa bulan sekali.
  • Gunakan karpet dan kursi bantal, supaya bisa jadi tempatmu bersantai setelah seharian duduk di hadapan meja kerja di kamar. Oh ya, sedakan juga mat yoga! Untuk bisa bertahan hidup dan jaga imunitas tubuhmu, kamu perlu berolahraga ringan. Kalau bosan, kamu juga bisa main game dari konsol game favoritmu.
  • Pastikan ventilasi atau pencahayaan kamarmu tidak terhalang.

#5 Siapkan barang-barang ekstra jika kamu bekerja dari rumah

bertahan hidup

Ditutupnya kantor dan sekolah mengharuskan sebagian besar orang belajar dan bekerja di rumah. Kamu mesti menyesuaikan dengan tim yang bekerja remote dan menjalani meeting dari hunianmu.

Ini saatnya memikirkan bertahan hidup sebagai pekerja kantoran dari rumah. Apa yang mesti dipersiapkan?

    • Tata kamarmu untuk tampil OK di layar saat kamu mesti video meeting dengan teman-teman kerjamu
    • Jika komputermu tidak ada kameranya, siapkan webcam dengan kualitas memadai untuk video call meeting
    • Akses internet yang baik. Karena selama ini kamu berinternet dengan fasilitas kantor atau nongkrong di kafe, ini saatnya memikirkan provider yang bagus untuk kamu pakai di kamar. Smart wifi route atau paket data internet yang cukup untuk tethering bisa jadi pertimbangan.
    • Botol minum! Semua makhluk hidup bertahan hidup dengan minum! Jadi, pastikan ada botol minum di mejamu saat kamu bekerja.

Yang perlu kamu pikirkan sekarang adalah memastikan bukan hanya fisikmu yang terjaga kesehatannya, melainkan juga mentalmu. Banyak layanan yang digratiskan selama kamu #WFH, dari Zoom, JSTOR, Microsoft, semuanya menawarkan layanan yang bikin kamu bisa lebih betah di dalam ruangan.

Kita menghadapi wabah ini bersama, semoga kita pun akan bisa bertahan hidup melewatinya bersama!

Sumber: IDEA, Wired

Simak juga:

Psst.. Ini 5 Rahasia Sukses Warren Buffett, Tokoh Investasi Paling Sukses di Dunia

Laundromat, Film Netflix yang Bongkar Pengaruh Panama Papers pada Hidup Orang Kaya

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Ada Nggak Sih Pajak Penjualan Emas Batangan dan Bagaimana Perhitungannya?

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya Jadi Wanita Karier Sukses!