Tak Terlahir Kaya, 20 Pengusaha Ini Buktikan Sukses Adalah Hak Semua Orang

Nov 29, 2019

Ingin membangun usaha tapi takut untuk memulai? Simak kisah pengusaha sukses yang membuktikan berbagai kondisi yang dialami tak membuat mereka menyerah dan urung untuk mengejar impian mereka. Simak kisah dari 20 pengusaha sukses di dunia ini untuk memicu motivasimu.

20 Pengusaha sukses di dunia ini tak takut gagal untuk mencapai impiannya

Kisah pengusaha sukses #1 Jeff Bezos, pendiri Amazon

Seperti apa, ya, rasanya menjadi orang terkaya pertama di dunia? Jeff Bezos lebih paham pastinya. Ia merupakan orang paling kaya di dunia yang memiliki perusahaan e-commerce terbesar di dunia, Amazon, sebagai sumber kekayaannya.  Total kekayaannya saja mencapai 2.100 triliun rupiah. 

20 Pengusaha sukses di dunia #2 Bill gates, pendiri Microsoft

Sempat dinobatkan menjadi orang terkaya di dunia untuk beberapa periode. Kini ia pun menjabat orang terkaya kedua di dunia dari perusahaan raksasa teknologi Microsoft sebagai sumber kekayaannya. Teknologi buatannya pun telah menjadi kebutuhan primer bagi hampir sebagian orang. 

#3 Warren Buffet, pendiri Berkshire Hathaway & investor saham tersukses di dunia

Bagi yang akrab di dunia investasi saham, nama Warren Buffet bisa terdengar tidaklah asing. Ia sangat pantas masuk dalam daftar 20 pengusaha sukses di dunia.

Perusahaan investasi yang ia bangun, Berkshire Hathaway, telah memiliki saham di lebih dari 60 perusahaan raksasa di dunia. Ia pun memulai berinvestasi pada usia 11 tahun. Yuk coba mulai berinvestasi sekarang juga!

#4 Bernard Arnault, pemiliki Dior, Luiss Vuitton & Sephora

Orang terkaya nomor empat ini lebih memilih berkecimpung di bisnis fashion. Ia mengembangkan usahanya hingga sudah memiliki lebih dari 70 merek fashion ternama seperti Louis Vuitton dan Sephora.

Awalnya ia membeli bran Christian Dior dari ayahnya tahun 1985 senilai US$15 juta. Kemudian ia berhasil mengembangkan usaha tersebut sampai sekarang menjadi salah satu brand premium yang terpopuler dan terlaris di dunia.

Kisah pengusaha sukses di dunia #5 Carlos Slim Heru, pengusaha di beragam usaha dari berbagai bidang

Kalau ingin belajar menguasai diversifikasi bisnis, kamu bisa belajar pada orang ini. Ia sukses berbisnis & memiliki saham di berbagai bidang seperti telekomunikasi, konstruksi, tambang, consumer goods, real estate, New York Times.

#6 Amancio Ortega, pemilik ZARA 

Berbanding terbalik dengan lini bisnisnya yang bergerak di brand fashion premium, Amancio Ortega lebih gemar berpakaian sangat sederhana.

Gaya hidupnya pun sangat sederhana. Ia lebih memilih makan saing bersama para karyawannya. Padahal pengusaha Spanyol ini mendirikan grup mode Inditex yang sukses mencapai 906 triliun rupiah. Salah satu brand kelas dunia yang dimiliki Inditex ini adalah ZARA.

#7 Larry Ellison, pendiri Oracle Corporation

Pengusaha yang bergerak di bidang perangkat lunak ini mendirikan perusahaan teknologi yang dinamakan Oracle Corporation. Kekayaannya yang mencapai 875 triliun rupiah ini juga diperoleh dari berjualan perangkat lunak.

#8 Mark Zuckerberg, pendiri Facebook

Masih bermain Facebook sampai sekarang? Pengusaha ini sukses membuat kita ketagihan bermain media sosial. Meski ia terkena drop out dari tempat kuliahnya, Harvard, dan terkena kasus penjualan data pengguna Facebook namun ia sukses mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya sampai sekarang hingga mendapat 872 triliun rupiah.

Kisah pengusaha sukses di dunia #9 Michael Bloomberg, pendiri Bloomberg L.P.

Pengusaha di bidang perusahaan media dan penyedia informasi keuangan ini berhasil meraih 762 triliun rupiah. Hidupnya pun tak mudah dan pantang menyerah, ia pernah dipecat dari perusahaannya yang telah ia abdikan diri selama 15 tahun.

#10 Larry Page, pendiri Google

Pengusaha ini juga membuat salah satu perusahaan terbesar di dunia. Ia bersama rekannya, Sergey Brin, tahun 1998 menemukan algoritma pemeringkatan situs yang dinamakan Google sebagai mesin pencari terbaik di dunia.

#11 Jan Koum, pendiri aplikasi WhatsApp 

Jan Kaum berasal dari keluarga sederhana namun ia memiliki tekad yang sangat kuat. Berkat ketertarikan & kepiawaiannya pada ilmu komputer, ia ditawari bekerja di Yahoo! Sebagai insinyur infrastruktur tahun 1997 dan memutuskan berhenti kuliah.

Setelah satu dekade, ia mulai mengembangkan WhatsApp pada tahun 2009. Kini ia tercatat salah satu pengusaha paling sukses di dunia. Di tahun 2017 saja, jumlah pengguna aktif WhatsApp telah mencapai 1,5 triliun orang di seluruh dunia. 

Kisah pengusaha sukses di dunia #12 Vicky Popat, pendiri toko online plantOGram

Dilandasi kegemarannya pada menanam tanaman buah eksotis, maka ia dan suaminya pun memutuskan berhenti bekerja dan fokus mengembangkan usaha plantOGgram.

Waktu kerjanya yang bisa sampai mencapai 40-60 jam setiap minggunya membuatnya hanya memiliki sedikit waktu untuk bersama keluarga. Ide bisnisnya adalah menjadikan tanaman sebagai inovasi kado unik yang ramah lingkungan.

#13 Leah Goldglantz, pendiri blog Leah’s Plate

Meski sedang tertimpa kesulitan ekonomi, Leah Goldglantz tetap gigih menjalani kehidupan sehat dan hobinya memosting blog. Maka ia membuat blog Leah’s Plate yang rutin membagikan resep makanan dan minuman sehat yang praktis diolah.

#14 Francis Davidson dan Lucas Pellan, pendiri situs Sonder

Awalnya kedua pengusaha ini kesulitan berkomunikasi dengan host penginapan yang mereka pesan dan tidak mendapat fasilitas yang baik.

Maka mereka mengembangkan usaha Sonder, di mana situs inilah yang memfasilitasi informasi penginapan dengan fasilitas yang bagus dan nyaman. Sehingga pengunjung lain tidak mendapat kekecewaan seperti yang mereka alami. 

#15 Steve Jobs, pendiri Apple

Sang pendiri raksasa teknologi Apple ini sukses menghadirkan produk berkualitas tinggi seperti iMac, iPhone, iPod, iPad, dst yang digunakan oleh khalayak ramai. Ia terbukti sukses di ranah bisnis teknologi dan masuk pada daftar pengusaha sukses sepanjang masa. 

#16 Walt Disney pendiri Walt Disney Pictures

Meski ditolak berkali-kali oleh produser saat itu, ia tidak menyerah dan tetap menciptakan karya animasinya sampai terlahir tokoh ikonik Mickey Mouse. Kini ia tak hanya merambah ke rumah produksi tetapi juga bisnis taman hiburan yang berada di beberapa negara, Disneyland.

#17 Daniel Zakowski pendiri Ready, Set, Food

Awalnya ia tergerak membangun usaha ini karena keponakannya yang menderita alergi parah pada kacang, telur dan susu di usia tujuh bulan. Ia pun mendalami usahanya dengan mencari riset mendalam mengenai alergi.

Lalu menemukan bahwa 80% alergi makanan dapat dicegah lebih awal dengan pengenalan makanan alergenik kepada bayi. Setelahnya, ia mendirikan wadah pengetahuan dan makanan formula yang dapat mencegah alergi pada anak-anak.

#18 Ingvar Kamprad, pendiri IKEA

Dari kecil ia terbiasa berbisnis kecil-kecilan di area perumahannya seperti pulpen, dekorasi Natal sampai berjualan ikan. Meski tumbuh di keluarga sederhana ia bekerja keras hingga menjadi sesukses sekarang mendirikan IKEA yang diperkirakan mendapatkan kekayaan bersih sekitar $ 58,7 miliar tahun Januari 2018 lalu. 

#19 Amber Fawson dan Cherie Hoeger, pendiri Saalt

Motivasi muncul ketika mereka mendengar bibi Hoeger bercerita bahwa tidak menemukan pembalut atau tampon di toko dekat rumahnya. Lalu mereka juga ingin menciptakan kenyamanan, higienitas dan pilihan ramah lingkungan saat masa haid.

Maka terciptalah Menstrual Cup yang dapat digunakan dalam jangka panjang. Mereka pun membuktikan bahwa status mereka sebagai ibu tidak menghalangi mereka terus berkarya dan sukses berbisnis.

#20 Christopher Gray, pendiri Scholly

Lahir dari keluarga sangat sederhana, tidak membuat Christopher Gray menyerah begitu saja untuk menempuh pendidikan tertinggi. Ia berupaya mencari beasiswa selama tujuh bulan.

Ia pun berhasil mendapatkan beasiswa 1,3 juta dolar. Setelah lulus, ia termotivasi membuat aplikasi Scholly yang membantu orang mencari dana beasiswa untuk kuliah di jenjang S1 & S2. Ia ingin mengedukasi orang untuk tetap bersemangat menempuh pendidikan sampai yang tertinggi. 

Inilah 20 pengusaha sukses di dunia. Berbagai kondisi membuat mereka tidak menyerah. Jadi semangat memulai usaha sekarang?

Sumber: Tokopedia, Cermati, Mokapos

Baca juga:

Dibanderol Rp193 M, Majesty 140 Berhasil Jadi Yacht Termahal di Dunia

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Jualan Drone, Frank Wang Berhasil Raup Keuntungan Hingga Rp 27 Triliun