Pemburu Pekerjaan Wajib Banget Tahu 7 Aplikasi Ini, Sudah Ada yang Coba?

Menurut survei PT Telefast Indonesia, jumlah pekerja kerah biru yang mencari pekerjaan lewat aplikasi pencari kerja online kian meningkat tajam, menyusul pelamar kerah putih. Aplikasi pencari kerja memang telah mendisrupsi cara perusahaan menemukan karyawan baru.

Data statistik dari BPS menunjukkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Agustus tercatat 5,28% dan sebanyak 7,05 juta orang menganggur di Indonesia. Meski TPT menurun, 50.000 orang jadi pengangguran antara Agustus 2018 hingga Agustus tahun ini.

Angka itu di tahun-tahun mendatang tampaknya bisa berkurang lagi. Tren menunjukkan rata-rata dua pertiga dari para pencari kerja hari ini memantau aplikasi pencari kerja online berdasarkan tingkat pendidikan dan pengalaman mereka.

Para pekerja kerah biru ini ialah mereka yang telah lulus SMA dan pemegang gelar ahli madya D3. Sementara pekerja kerah putih adalah pelamar dengan gelar sarjana, magister, dan doktor.

aplikasi pencari kerja online

Meningkatnya jumlah pekerja yang menggunakan aplikasi pencari kerja online menunjukkan bahwa banyak lulusan SMA sekarang telah fasih menggunakan fasilitas digital. Ini sekaligus menunjukkan UMKMK beralih ke situs aplikasi pencari kerja untuk mencari karyawan.

COO Telefast Indonesia, Risky Nayendra, menyebut bahwa banyak lowongan kerja untuk pekerja kerah biru pada sektor UMKMK. Ini berkisar dari bar kopi, perwakilan layanan pelanggan atau pekerja pabrik.

Baca juga: Enggak Selamanya Merugikan, Ini Lho Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Kamu Tahu!

Berikut ini aplikasi pencari kerja online yang bisa diakses:

Aplikasi Pencari Kerja #1 JobStreet

Aplikasi ini menawarkan lebih dari 230 ribu pekerjaan yang bisa dilamar. Bila kamu ingin kerja di luar negeri, seperti di Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Filipina, kamu bisa juga cari pekerjaan yang kamu incar lewat JobStreet.

Aplikasi ini menghadirkan fitur notifikasi yang mengirimkan pembaharuan pekerjaan kepada para pencari kerja lewat surel dan kamu bisa langsung melamar di posisi pekerjaan itu hanya lewat ponsel Android.

#2 Linkedin

Linkedin selain sebagai aplikasi media sosial yang menjejaringkan para pekerja di bidangnya juga adalah aplikasi yang membantu mencari dan menawarkan lowongan kerja. Linkedin memberi notifikasi yang cocok dan sesuai denganmu.

Aplikasi pencari kerja ini juga menyediakan ruang bagi pengguna untuk mengisi data diri ataupun menulis artikel untuk dibagikan kepada sesama pengguna Linkedin.

Bahkan, ada kemungkinan artikel tersebut dapat dibaca oleh perusahaan yang membutuhkan keterampilanmu.

#3 Freelancer – Hire & Find Jobs

Aplikasi pencari kerja online satu ini dikhususkan untuk pencari kerja paruh waktu dan freelance.

Kamu hanya perlu mendaftarkan diri, lalu mengajukan proposal pada perusahaan yang dituju. Apabila kamu sebagai pemberi kerja, maka berikan detail tentang pekerjaan yang perlu kamu selesaikan dan freelancer di web ini akan menyelesaikannya dengan performa tinggi.

Baca juga: Bunga hingga 18%, Investasi P2P Lending Bisa Jadi Pilihan Investasi yang Menguntungkan

#4 LINE Jobs

Selama ini, kamu barangkali hanya melihat LINE sebagai aplikasi media sosial. Kini, LINE juga bikin inovasi dengan menambahkan fitur LINE jobs. Di sini, kamu bisa cari pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Rambah layanan portal kerja online, LINE bekerja sama dengan Jobs.id dan HiredToday (sebelumnya CareerBuilder) untuk mengadakan info lowongan kerja.

Pihak LINE juga melakukan kurasi daftar info lowongan kerja yang tersebar di berbagai platform media sosial.

#5 Jora Job Search

Ini aplikasi yang akan memunculkan puluhan ribu lowongan kerja dari berbagai situs lowongan kerja resmi, perusahaan, hingga agen rekrutmen.

Aplikasi pencari kerja online ini menyediakan fitur agregator sehingga kamu tidak perlu membuka satu per satu laman Jobstreet dst karena lowongan kerja sudah langsung ditampilkan di aplikasi.

#6 Trovit Jobs

Dengan aplikasi ini, kamu akan memperoleh akses ke pekerjaan di 46 negara, tetapi tidak termasuk Indonesia. Trovit akan cocok bagi mereka yang berminat untuk bekerja di luar negeri, terutama di Amerika Serikat.

Lewat aplikasi ini, kamu bisa mencari pekerjaan online tanpa perlu repot karena kamu bisa mencantumkan resume dan surat lamaran kerja langsung dalam lamanmu. Kamu tinggal mencari pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan minatmu saja.

#7 Trovit Indonesia

Nah, di aplikasi yang ini, kamu akan punya akses ke berbagai pekerjaan di Indonesia. Kamu bisa ketemu berbagai lowongan pekerjaan yang dikategorikan berdasarkan kota, tanggal lowongan diposkan, pengalaman kerja yang dibutuhkan, penjelasan tentang gaji, dst.

Sumber: The Jakarta Post, DailySocial, Carisinyal, Jurnal Apps

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Wah! Ternyata Selain Jagoan Konten, Ini 3 Jenis Pekerjaan yang Akan ‘Laku’ di Masa Depan!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here