Siap Saingi Linkedin, Google Kormo Sediakan Fitur Lowongan Kerja

Aplikasi lowongan kerja Google Kormo dirilis oleh Google untuk menghubungkan para pencari kerja dengan perusahaan idamannya. Lebih dari 50 ribu pelamar dan perusahaan di Indonesia telah menggunakan aplikasi ini.

Selain aplikasi, Google juga memperkenalkan fitur pencarian lowongan kerja di situs perambannya. Tajuknya adalah Jobs on Google Search.

Disebutkan oleh Project Lead Kormo, Bickey Russell, bahwa ini misi mereka untuk menghubungkan milenial lebih luas pada peluang karier. Sekitar 42% penduduk Indonesia saat ini berusia di bawah 25 tahun.

aplikasi lowongan kerja | Google Kormo

Yang dituju oleh aplikasi lowongan kerja Google Kormo ini terutama adalah para pencari kerja yang mengincar posisi level pemula di sektor-sektor yang kini sedang berkembang pesat.

Sektor-sektor itu di antaranya bisnis on-demand, retail, dan hospitality. Semakin sering mengakses aplikasi ini, maka semakin taylormade tema pekerjaan yang ditawarkan oleh machine learning ini.

Ini memberi penggunanya personalisasi dan rekomendasi di bidang pekerjaan tertentu.

Baca juga: Meski Imbal Balik Cepat, Waspada Memilih Platform Investasi P2P Lending

Menelisik fitur-fitur yang ditawarkan Google Kormo

Aplikasi lowongan kerja satu ini hadir dengan fitur yang memudahkan pelamar dalam mencari pekerjaan, dan digadang-gadang sebagai pembeda aplikasi ini terhadap aplikasi sejenis. Berikut ini fitur-fitur pembedanya:

#1 Pembuat CV Digital

Curriculum vitae adalah hal paling penting dalam persiapan mencari pekerjaan. Aplikasi lowongan kerja Google Kormo sediakan fitur khusus membuat CV secara mudah dan gratis.

Pengguna aplikasi sebagai pelamar pekerjaan hanya perlu mengisi data pribadi dengan sebenar-benarnya dan mencantumkan misi serta minatnya. Ia bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat CV itu. CV bisa dibagikan secara daring dan dicetak untuk dibawa pada proses wawancara.

#2 Personalisasi rekomendasi

Google Kormo gunakan machine learning untuk beri rekomendasi pekerjaan. Rekomendasi diberikan sesuai dengan profil si pelamar.

Baca juga: Dari 20 Juta Hingga 3,2 M, Ini Rentang Pilihan Harga Unit Pemakaman di San Diego Hills

#3 Fitur pembelajaran

Aplikasi lowongan kerja ini juga memiliki fitur yang membantu pengguna yang hendak melamar pekerjaan untuk meningkatkan keahlian. Fitur ini sediakan modul dalam bentuk artikel dan video.

Google gandeng kreator YouTube “Hujan Tanda Tanya” dan platform persiapan kuliah dan karier online “Rencanamu” untuk mempersiapkan fitur ini.

Kerja sama dengan kreator YouTube ini ditujukan untuk menyediakan konten pengembangan dan pelatihan keterampilan profesional yang sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia.

“Rencanamu” akan mengevaluasi kursus-kursus yang diambil oleh pengguna.

Pengguna akan memperoleh lencana apabila berhasil menyelesaikan kelas pembelajaran tema tertentu. Lencana ini bisa dilihat di profil sehingga perusahaan calon perekrut dapat melihat keahlian si pelamar ini.

Baca juga: Rugi Hingga Puluhan Miliar, OJK Labeli Kampoeng Kurma sebagai Investasi Bodong

Menjaga kepercayaan pengguna dengan transparansi aplikasi lowongan kerja

Apabila pelamar melamar pada posisi tertentu, maka proses seleksinya akan diinformasikan secara transparan melalui menu “Lamaran”. Informasi akan ditampilkan secara real-time.

Proses ini meliputi proses pembacaan surat lamaran pekerjaan oleh perusahaan perekrut, seleksi dokumen, proses dipanggil wawancara, hingga pengumuman terakhir oleh perusahaan.

Bersamaan dengan itu, perusahaan perekrut juga akan memperoleh notifikasi apabila lamaran telah diunggah oleh pelamar kerja ataupun apabila pesan mereka telah ditanggapi oleh si pelamar.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur siapa yang dapat melihat informasi dalam laman mereka. Mereka sediakan fitur rating bagi pelamar pekerja dan perusahaan perekrut agar ada transparansi dalam penilaian masing-masing terhadap satu sama lain.

Aplikasi ini telah dikembangkan untuk proyek eksperimental Google, dikenalkan di Indonesia sejak Maret 2019. Aplikasi lowongan kerja Google Kormo sudah bisa diunduh untuk smartphone Android lewat aplikasi Google Play Store.

Sumber: Kompas, Katadata, Google Tech

Simak juga:

Hobi Travel atau Belanja, Pilih Keuntungan Kartu Kredit Sesuai yang Kamu Butuhkan

Sepekan Travel ke Vietnam? Ini 3 Destinasi Terbaik yang Tak Boleh Terlewatkan

5 Kesalahan Umum Menabung yang Wajib Kamu Hindari!

Dari Melahirkan Hingga Pendidikan, Berapa Biaya Membesarkan Anak di Indonesia?

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here