Apa Itu Pendapatan?

DEFINISI

Apa itu pendapatan? Pendapatan adalah total penerimaan yang dihasilkan oleh bisnis melalui penjualan produk atau layanan. Ini juga disebut sebagai penjualan dan merupakan ukuran kesehatan perusahaan.

Memahami Pendapatan

Pendapatan adalah indikator utama kesehatan perusahaan yang berorientasi laba. Biasanya, apa itu pendapatan merupakan indikasi bisnis yang kuat dan berkembang. Pendapatan yang lemah menunjukkan bisnis mungkin tidak berkelanjutan dan tumbuh. Orang biasanya dapat menemukan seberapa baik bisnis berjalan dengan memeriksa laporan pendapatan perusahaan.

Laporan-laporan ini mencantumkan pendapatan dan indikator lain seperti pengeluaran dan laba. Pendapatan kotor dihitung dengan menambahkan semua pendapatan yang dihasilkan dari penjualan perusahaan selama waktu yang dicakup oleh laporan laba rugi. Ukuran terkait adalah pendapatan bersih, yang dihitung dengan mengurangi pendapatan kotor dari pengeluaran yang mengurangi pendapatan, seperti pengembalian uang dan diskon.

Pendapatan bersih = Pendapatan kotor – Total biaya penjualan

CONTOH

Mari kita lihat pendapatan yang dimainkan di dunia nyata.

  • Apple merilis hasil keuangan kuartal ketiga pada 30 Juli 2019. Pendapatan kuartalannya yang diperoleh antara April dan Juni 2019 adalah $ 53,8 miliar.
  • Perusahaan Walt Disney merilis hasil keuangan kuartal ketiga pada 6 Agustus 2019. Pendapatan kuartalannya adalah $ 20,2 miliar.
  • AT&T mengumumkan Hasil Keuangan Kuartal Kedua pada 24 Juli 2019. Perusahaan ini melaporkan pendapatan $ 45 miliar, $ 6 miliar, naik dari $ 39 miliar dalam pendapatan dari kuartal kedua 2018.
  • Sumber: Pernyataan pers oleh Apple tertanggal 30 Juli 2019. Pernyataan pers oleh Disney tertanggal 29 Juni 2019. Pernyataan pers AT&T tanggal 24 Juli 2019.

Kesimpulan

Pendapatan adalah seperti kolam di mana perusahaan menuangkan semua keuntungan mereka …

Ini mungkin berasal dari sumber yang berbeda, tetapi diukur pada neraca pada saat yang bersamaan. Tidak seperti laba, pendapatan tetap berada di kolam untuk tujuan akuntansi bahkan jika perusahaan membelanjakannya, dan tidak memiliki hubungan dengan pengeluaran bisnis. Pendapatan adalah ukuran yang harus dipertimbangkan saat mulai mempelajari lebih lanjut tentang kinerja perusahaan. Itu membuat salah satu teka-teki dalam memahami kesehatan keuangan suatu bisnis.

Ketahui Lebih Lanjut…

Apa yang dimaksud dengan pendapatan?

Apa perbedaan pendapatan dengan laba?

Bagaimana cara menghitung pendapatan?

Apakah pendapatan sama dengan penjualan?

Apa yang dimaksud dengan total pendapatan bersih?

Apakah perbedaan antara pendapatan dan penerimaan?

Pengertian Pemungutan Pendapatan?

Apa yang Dimaksud dengan Pendapatan?

Pendapatan adalah total uang yang diperoleh bisnis selama periode waktu tertentu. Perusahaan biasanya merilis laporan triwulanan dan tahunan di mana mereka mendaftarkan pendapatan mereka pada neraca dan membandingkannya dengan kinerja historis mereka.

Hal ini sejalan dengan cara kebanyakan pemerintah mengharuskan perusahaan yang diperdagangkan secara publik untuk mengajukan laporan kinerja setiap kuartal dan sekali pada akhir tahun. Standar dan persyaratan pelaporan bervariasi dari satu negara dengan negara lainnya. Jika kamu tertarik dengan pendapatan perusahaan, cari laporan pendapatannya. 

Pada sebagian besar laporan pendapatan, pendapatan biasanya merupakan item pertama yang terdaftar. Ukuran lain seperti laba dan marjin kotor tergantung pada pendapatan yang diperoleh perusahaan.

Setiap uang yang dihasilkan perusahaan melalui penjualan barang atau jasa dianggap sebagai pendapatan. Bergantung dari mana uang itu berasal, pendapatan dapat dikategorikan ke dalam:

  • Pendapatan operasional: Ini berasal dari pengejaran bisnis utama perusahaan. Misalnya, perusahaan real estate menghasilkan pendapatan operasi melalui pembelian dan penjualan real estate. Pengacara menghasilkan uang dengan menyediakan layanan hukum. Restoran menghasilkan pendapatan dengan menjual makanan.
  • Pendapatan non-operasional: Hal ini juga disebut sebagai pendapatan operasional. Ini adalah uang yang berasal dari operasi yang bukan bagian dari rencana bisnis utama perusahaan. Jika perusahaan real estat memperoleh bunga dari uang di rekening bank, itu akan memenuhi syarat sebagai pendapatan non-operasional. Pengacara yang menjual bangunan yang mereka miliki akan menerima pendapatan non-operasional dari penjualan. Karena pendapatan non-operasional bukan dari kegiatan bisnis utama perusahaan, itu dicatat secara terpisah pada laporan laba rugi, di bawah garis margin kotor.

Margin kotor = Pendapatan operasional – Harga pokok penjualan

Karena pengejaran utama bisnis menghasilkan pendapatan operasional, hal itu cenderung lebih konsisten dari bulan ke bulan dibandingkan dengan pendapatan non-operasional.

Namun, sejumlah uang yang dikumpulkan perusahaan tidak dihitung sebagai pendapatan. Misalnya, jika perusahaan menjual produk atau layanan yang dikenakan pajak penjualan, perusahaan akan memungut pajak, tetapi tidak akan melaporkannya sebagai pendapatan pada laporan keuangannya. Itu karena uang itu milik pemerintah dan bukan milik bisnis.

Baca juga: Apa Itu IPO (Initial Public Offering)?

Apa Perbedaan Pendapatan dengan Laba?

Tidak seperti laba, pendapatan tidak memperhitungkan pengeluaran perusahaan. Laba dihitung dengan mengurangi pengeluaran dari pendapatan. Jika sebuah perusahaan menghasilkan lebih banyak uang daripada yang dihabiskannya, maka itu menguntungkan. Jika itu menghasilkan kurang dari yang dihabiskan, maka itu menimbulkan kerugian. 

Di hampir setiap laporan, pendapatan akan positif. Jika kamu tidak melakukan penjualan, pendapatan akan menjadi nol. Dalam situasi seperti itu, setiap biaya yang dikeluarkan akan mengakibatkan kerugian.

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, perusahaan melaporkan pendapatan negatif. Nilai negatif mungkin terkait dengan perubahan prinsip akuntansi. Perubahan akuntansi mengubah cara perusahaan menempatkan nilai pada uang atau aset. Meskipun ada perubahan dalam pembukuannya, nilai negatifnya mungkin tidak mewakili penurunan nyata dalam pendapatan.

Sementara laba tergantung pada pendapatan, itu juga tergantung pada biaya. Pendapatan perusahaan mungkin naik, tetapi jika biayanya naik lebih banyak, keuntungannya masih akan berkurang.

Bagaimana Cara Menghitung Pendapatan?

Pendapatan atau revenue adalah jumlah semua uang yang dibawa oleh perusahaan, kecuali untuk pajak penjualan, yang bukan milik perusahaan sejak awal. Pajak penjualan adalah milik kota, daerah, negara bagian, atau pemerintah lain yang mengawasi area di mana perusahaan itu berada.

Perusahaan yang lebih kecil dengan hanya satu produk atau layanan dan satu lokasi mungkin akan merasa mudah untuk menghitung pendapatan. Tambahkan penjualan ke pendapatan non-operasional yang dihasilkan, dan kamu akan memiliki total pendapatan.

Perusahaan yang lebih besar dengan banyak divisi memiliki hubungan yang lebih rumit dengan apa itu pendapatan.

Sebagai contoh, The Walt Disney Company. Dalam laporan keuangan 2019-nya, Disney memecah pendapatannya berdasarkan divisi. Ini termasuk:

  • Media Jaringan: Ini termasuk pendapatan yang diperoleh dari Saluran Disney, ESPN, ABC, Fox, dan saluran lainnya serta stasiun radio yang dimiliki oleh Disney.
  • Taman, Pengalaman, dan Produk: Ini termasuk pendapatan yang dihasilkan di taman hiburan dan hotel Disney, serta pendapatan yang diperoleh dari penjualan barang dagangan.
  • Studio Entertainment: Ini termasuk pemasukan dari apa yang paling dikenal oleh Disney — Film.
  • Ke Konsumen Langsung & Internasional: Ini termasuk pendapatan yang diperoleh dari penjualan video rumahan, serta pendapatan internasional dan uang yang dihasilkan oleh saham Disney di layanan streaming Hulu.

Sumber: Pernyataan Pers Disney, 29 Juni 2019. 

AT&T membagi pendapatannya menjadi dua kategori:

  • Layanan
  • Peralatan

Sumber: Pernyataan Pers AT&T, 24 Juli 2019.

Tidak ada cara sempurna untuk memecah pendapatan pada laporan keuangan, tetapi kabar baiknya adalah perusahaan melaporkan total pendapatan dalam laporan keuangan mereka. Dengan begitu, seseorang tidak perlu melihat pendapatan perusahaan berdasarkan divisi, kecuali tujuannya adalah untuk mengetahui lebih lanjut tentang dari mana uang perusahaan berasal.

Apa Itu Pendapatan Sama dengan Penjualan?

Pendapatan perusahaan mungkin sama dengan penjualan yang dihasilkannya dalam seperempat atau tahun pelaporannya. Itu sebabnya kamu mungkin mendengar pendapatan yang sering disebut sebagai ‘pendapatan penjualan.’ Namun, ada sumber pendapatan (alias pendapatan non-operasional) yang tidak terkait penjualan.

Pendapatan yang dibawa oleh penjualan perusahaan adalah pendapatan operasinya. Pendapatan non-operasional biasanya berasal dari sumber selain penjualan. Misalnya, jika perusahaan memiliki saham dari saham perusahaan lain, dividen apa pun yang dibayarkan pada saham tersebut akan dihitung sebagai pendapatan. Demikian pula, dividen yang dibayarkan pada obligasi federal akan dihitung sebagai pendapatan.

Apa yang Dimaksud dengan Total Pendapatan Bersih?

Total apa itu pendapatan bersih, sering disebut sebagai “pendapatan bersih,” adalah total pendapatan perusahaan yang memperhitungkan segala kerugian yang disebabkan oleh diskon dan pengembalian.

Pendapatan Bersih = Pendapatan – (Diskon + Pengembalian)

Sebagai contoh, sebuah perusahaan hipotetis menjual mie menerima pendapatan $ 1 juta dalam kuartal pendapatannya. Tetapi, pelanggan mengembalikan mie $ 100.000 di kuartal itu mungkin karena mereka membeli barang yang salah, akhirnya tidak membutuhkannya lagi, atau karena itu rusak pada saat kedatangan. Perusahaan juga mengeluarkan kupon rabat yang menyebabkannya mengembalikan $ 50.000 kepada pelanggannya.

Total Pendapatan – Uang hilang karena pengembalian dan rabat = Total pendapatan bersih $ 1 juta – ($ 100.000 – $ 50.000) = $ 850.000

Saat menghitung pendapatan bersih, perusahaan mengabaikan biaya. Sebagai gantinya, pendapatan bersih menentukan perbedaan antara uang yang akan diterima perusahaan tanpa potongan harga atau potongan harga, dan uang itu sebenarnya diterima dengan potongan harga, potongan harga, dan pengembalian yang diperhitungkan.

Apa Itu Pendapatan dan Penerimaan?

Pendapatan dan penerimaan sangat erat kaitannya karena sebagian pendapatan bergantung pada penerimaan. Perbedaan antara angka-angka ini menjadi lebih jelas ketika kita berurusan dengan varian “bersih” mereka.

Pendapatan bersih adalah jumlah pendapatan yang tersisa setelah memperhitungkan pengembalian, diskon, dan rabat. Penerimaan bersih, kadang-kadang disebut laba bersih, adalah jumlah uang yang tersisa setelah memperhitungkan semua pengeluaran bisnis. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada:
  • biaya pembuatan barang yang kamu jual
  • biaya penyediaan layanan yang kamu berikan
  • pengeluaran lain seperti upah, sewa, utilitas, dan perlengkapan kantor.

Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa pendapatan bersih tidak menjadi faktor dalam pengeluaran. Alih-alih, itu hanya melihat peristiwa di mana perusahaan memperoleh kurang dari yang diharapkan. Laba bersih berbeda karena memperhitungkan semua biaya.

Kamu biasanya dapat menemukan laba bersih pada laporan keuangan. Sementara pendapatan hampir selalu disebutkan di bagian atas pada laporan, laba bersih cenderung muncul di bagian bawah.

Mari kita lihat contoh dunia nyata dari pendapatan bersih dan laba bersih.

Pada 2019, Nvidia, sebuah perusahaan teknologi, melaporkan pendapatan $ 11,7 miliar dan laba bersih $ 4,14 miliar. Tahun sebelumnya, ia melaporkan $ 9,71 miliar pendapatan dan 3,05 miliar laba bersih. Tahun sebelumnya memiliki pendapatan $ 6,91 miliar dan laba bersih $ 1,66 miliar.

Meskipun contoh ini menunjukkan perusahaan dengan pendapatan dan laba bersih yang meningkat, perusahaan juga dapat mengalami peningkatan pendapatan dan penurunan laba bersih. Hal ini bisa terjadi jika biaya tumbuh lebih cepat daripada penjualan.

Sumber: Laporan Tahunan Nvidia, April 2019

Apa Itu Pendapatan | Pengertian Pemungutan Pendapatan?

Dalam diskusi yang berkaitan dengan pendapatan, kamu mungkin mendengar referensi untuk “pemungutan pendapatan.” Pemungutan pendapatan tidak ada hubungannya dengan cara bisnis beroperasi dan sebagai gantinya merujuk pada sesuatu yang dilakukan pemerintah: Memungut pajak.

Itu benar, pemungutan pendapatan dapat digunakan sebagai pintasan untuk merujuk pada pendapatan pajak. Hal ini juga dapat merujuk pada jenis uang lain yang diterima pemerintah dari biaya lisensi, tiket, atau denda. Akibatnya, pemerintah tidak memperoleh pendapatan dari penjualan produk atau layanan.

Kontribusimu untuk pemungutan pendapatan mungkin melalui pajak penghasilan yang Kamu bayarkan kepada pemerintah.

Di AS, organisasi yang mengawasi pengumpulan itu adalah Internal Revenue Service, atau IRS. Banyak negara bagian, kabupaten, dan kota memiliki departemen pendapatan mereka sendiri yang ditugaskan mengumpulkan pembayaran dari cabang pemerintah daerah. Ini bervariasi berdasarkan lokasi, tetapi dapat dikaitkan dengan denda parkir yang belum dibayar, pajak properti, atau biaya pengadilan.

Seperti halnya pemerintah, organisasi nirlaba juga dapat memiliki pendapatan yang tidak berasal dari penjualan. Sebaliknya, organisasi-organisasi ini sebagian besar bergantung pada sumbangan amal dari individu dan perusahaan. Sementara organisasi nirlaba mungkin masih memiliki pendapatan non-operasional, sebagian besar pendapatan mereka berasal dari sumbangan dan hadiah lainnya.

Organisasi nirlaba yang terdaftar masih diharuskan untuk melaporkan pajak, meskipun mereka tidak berutang pajak pemerintah. Seperti halnya dengan laporan keuangan bisnis, sebagian besar laporan keuangan nirlaba daftar pendapatan pertama. Formulir 990, yang diminta paling banyak oleh pemerintah oleh organisasi nirlaba, mencantumkan pendapatan selama dua tahun. Ini dapat membantumu mendapatkan snapshot cepat dana yang dikumpulkan oleh organisasi nirlaba.

Recent Articles

Related Stories