Kebebasan Finansial, Nyata atau Impian Semata?

Apa itu financial freedom atau kebebasan keuangan? Apa pentingnya mencapai kebebasan finansial? Apakah saya sudah termasuk dalam kategori orang yang bebas secara finansial jika saya bisa bertahan hidup tiap bulannya dengan banyaknya pengeluaran?

Pertanyaan-pertanyaan itu sering muncul di kepala kita jika kita sudah mulai membahas tentang keuangan saat ini dan masa depan.

Banyak pendapat yang berbeda mengenai pengertian financial freedom atau kebebasan finansial. Ada yang bilang bahwa kebebasan finansial berarti kita bebas dari utang dan stabil secara finansial.

Kondisi saat kita siap menghadapi apa yang dilemparkan kehidupan kepada kita tanpa khawatir hidup dari gaji ke gaji tiap bulannya. Kita bekerja, menikmati hidup, dan bersiap-siap untuk masa pensiun yang nyaman.

Ada juga yang bilang bahwa kebebasan finansial berarti memiliki tabungan, investasi, dan uang tunai yang cukup untuk membiayai gaya hidup yang kita inginkan. Kebebasan finansial juga akan memungkinkan kita untuk pensiun atau mengejar karir yang kita inginkan.

Pengertian kebebasan finansial mungkin dapat berbeda untuk setiap individu tetapi konsep luasnya akan tetap sama untuk semua orang. Ini berarti seseorang telah mengumpulkan kekayaan yang cukup untuk menghasilkan arus kas/keuangan sedemikian rupa sehingga kebutuhan keuangan dapat dipenuhi tanpa “secara aktif” mendapatkan penghasilan.

Kebebasan finansial memang terdengar seperti hanya teori yang bagus atau impian semua orang semata. Tetapi yakinlah bahwa sebenarnya semua orang bisa mencapainya.

Bahkan seseorang yang pernah memiliki banyak utang pun bisa mencapainya. Apapun masalah keuangan yang kamu miliki saat ini, selalu ada cara untuk kembali ke ‘jalan yang benar’ secara finansial.

Namun, perlu diingat bahwa jalan menuju kebebasan finansial bukanlah strategi cepat kaya. Dan kebebasan finansial tidak berarti kita bebas dari tanggung jawab menangani uang kita dengan baik. Justru sebaliknya. Memiliki kendali penuh atas keuangan kita adalah buah dari kerja keras, pengorbanan, dan waktu. Dan semua upaya itu sepadan!

Grant Sabatier, seorang miliarder dan penulis buku Financial Freedom mengetahui apa yang diperlukan untuk mencapai kebebasan finansial. Hanya dalam lima tahun, lulusan perguruan tinggi yang dulu pernah hidup susah dan berjuang bersama orangtuanya ini mampu meningkatkan kekayaan bersihnya menjadi lebih dari US$1 juta.

Selama perjalanan keuangannya, Sabatier mengidentifikasi tujuh tahap dalam mencapai kebebasan finansial. Ketika orang mencapai setiap tahap atau tingkat, tekanan mereka tentang uang akan berkurang dan mereka akan memiliki lebih banyak pilihan.

Level pertama, kejelasan

Kamu harus mencari tahu di mana posisimu saat ini sebelum kamu bisa mencapai posisi yang kamu inginkan. Mengabaikan tagihan kartu kredit atau lainnya menumpuk hanya akan membuat segalanya semakin menjadi runyam.

Mulailah dari hal yang sederhana yaitu dengan lacak pengeluaran dan pendapatan kamu serta cari tahu di mana kamu dapat mengurangi pengeluaran yang tidak penting seperti langganan TV berbayar, membeli kopi kekinian setiap hari, makan malam atau belanja online.

Level kedua, swasembada

Bagian dari segala jenis kebebasan adalah swasembada, mampu menyediakan untuk diri sendiri. Untuk mencukupi kebutuhan sendiri, kita harus mendapatkan cukup uang sehingga kita bisa hidup sendiri, membayar kebutuhan pokok seperti makanan dan transportasi. Kita mungkin harus meredam ekspektasi awal kita.

Level ketiga, breathing room

Level 3 adalah apa yang disebut Sabatier sebagai “ruang bernafas”. Setelah kamu menghemat biaya hidup enam bulan, kamu akhirnya memiliki cukup ruang untuk bernafas, terutama dalam keadaan darurat. Menurut survei indeks keamanan finansial 2018 milik Bankrate, hanya 39% responden yang mampu menangani keadaan darurat yang tidak terduga hingga US$ 1.000.

Level keempat, stabilitas

Sekarang setelah bisa menabung cukup banyak untuk mencukupi biaya darurat, level selanjutnya adalah memulai upaya menghemat lebih banyak uang. Level 4 ini adalah stabilitas, di mana kita menghemat biaya setahun. Dengan uang yang disimpan ini, kita akan lebih kuat.

Level kelima, tingkatan akhir menabung

Level 5 ini menawarkan fleksibilitas. Meskipun menabung selama setahun pada level 4 akan melindungi kita dari keadaan darurat yang tidak terlihat, menabung hingga dua tahun justru akan memberi kita keleluasaan untuk hidup seperti yang kita inginkan.

Level keenam, kemandirian finansial

Kemandirian finansial adalah ketika kamu memiliki cukup uang untuk bertahan seumur hidup. Menurut Sabatier, ada dua cara mudah untuk mencapai kemandirian finansial. “Pertama, kamu bisa menabung lebih dari satu juta dolar, dan kemudian hidup dari bunga investasi selamanya,” katanya. “Atau, kedua, kamu dapat berinvestasi dalam aset penghasil pendapatan seperti properti, yang membayar jumlah uang secara konsisten.”

Level ketujuh, kekayaan berlimpah

Kekayaan yang melimpah adalah ketika kita memiliki lebih banyak uang daripada yang kita perlukan dan bahkan hingga dapat mulai memikirkan warisan apa yang ingin kita tinggalkan untuk anak cucu kita nanti. Baik itu melalui sumbangan amal atau tabungan kuliah untuk anak-anak, kita dapat menggunakan kekayaan kita untuk menetapkan fondasi yang kuat bagi generasi mendatang.

Proses pencapaian ketujuh level kebebasan finansial ini tidak akan terjadi dalam semalam. Tetapi, untuk setiap level yang kamu capai, tekanan finansial akan menyusut dan pilihan kamu (bekerja di mana, tinggal di mana, hingga kendaraan apa yang kamu miliki) akan meningkat.

Ada banyak strategi untuk mencapai kebebasan finansial. Masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk mencapainya, akan sangat membantu jika kamu memiliki rencana dan anggaran keuangan. Dengan demikian kamu tahu uang apa yang masuk dan keluar dan dapat mengidentifikasi serta memilih strategi yang tepat untuk bergerak menuju tujuan keuangan yang sudah kamu buat.

Sudah siap menuju kebebasan finansialmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *