Warren Buffett: Kunci Investasi adalah Kesabaran

Apa yang sudah kamu lakukan atau capai ketika berusia 11 tahun? Sebagian besar dari kita mungkin masih belum berpikir untuk berbisnis atau mencari uang. Pada usia tersebut biasanya kita fokus pada belajar dan bermain saja.

Berbeda halnya dengan Warren Buffett. Ketika berusia 11 tahun, ia sudah mulai berinvestasi. Buffett yang lahir pada tahun 1930 ini bahkan sampai dijuluki ‘Oracle of Omaha’ atau ‘Peramal dari Omaha’ berkat kejeliannya dalam berinvestasi.

CEO Berkshire Hathaway yang kini berusia 89 tahun ini telah memiliki pemikiran yang jitu dalam dunia bisnis dan investasi sejak ia masih kecil.

Buffett membeli saham pertamanya pada tahun 1941, pada usia 11 tahun. Ia membeli enam saham Cities Service, sebuah perusahaan layanan minyak, dengan harga $38 per saham.

Tak lama setelah membeli saham, harganya turun menjadi $27 per saham. Namun, Buffett bertahan dengan gigih sampai mencapai $40.

Dia menjual sahamnya dengan laba kecil, tetapi menyesali keputusan ketika harga Cities Service melonjak hingga hampir $200 per saham. Buffet kemudian mengutip pengalaman ini sebagai pelajaran dasar berinvestasi, yaitu kesabaran.

Orang terkaya ketiga di dunia ini bahkan mengajukan pengembalian pajak pertamanya pada usia 14 tahun, setelah menghasilkan $500 yang didapatnya dari pekerjaan mengirimkan surat kabar.

Pada saat ia menyelesaikan sekolah menengah, Buffett telah membeli sebuah saham di sebuah pertanian seluas 40 hektar di Omaha, Nebraska.

Pada bulan Desember 1962, Warren Buffett (saat itu berusia 32 tahun), mulai terkenal sebagai investor di Omaha, ini juga ketika ia pertama kali mulai membeli saham di Berkshire Hathaway. Pada pertengahan 1965, ia telah membeli cukup banyak saham untuk mengendalikan perusahaan tersebut.

Kemudian, pada tahun 1972, Buffett membeli See’s Candies, sebuah pabrik dan distributor permen Amerika, senilai $25 juta. Pada saat ia berusia 43 tahun, kekayaan bersihnya mencapai angka $100 juta.

Buffett pun pertama kali masuk ke dalam daftar orang Amerika terkaya menurut Forbes ketika berusia 52 tahun. Kekayaannya saat itu adalah $250 juta. Tiga tahun kemudian, kekayaannya naik empat kali lipat dan dia menjadi miliarder.

Dari 1989 hingga 1999, kekayaan bersih Buffett tumbuh hingga sepuluh kali lipat. Pada usia 69, kekayaan bersihnya adalah $36 miliar.

Warren Buffett setiap tahun menarik $100.000 (gajinya selama beberapa dekade) dari Berkshire Hathaway dan tidak menerima bonus atau kompensasi lainnya. Angka ini bahkan kurang dari dua kali lipat dari pendapatan karyawan perusahaan tersebut pada umumnya.

Meskipun tidak memulai investasi sejak dini seperti Buffett, bukan berarti kamu tidak akan sukses seperti dia. Banyak pengalaman dan nilai-nilai Buffett yang bisa kita terapkan dalam hidup kita, terutama dalam berinvestasi.

Ingat, kunci dari investasi itu adalah kesabaran. Jangan langsung ambil keputusan ketika melihat adanya kenaikan harga yang sedikit.

Sudah siap mulai menabung dalam bentuk investasi? Pluang hadir untuk memberikan jutaan kesempatan untuk kamu berinvestasi!

2 Replies to “Warren Buffett: Kunci Investasi adalah Kesabaran”
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *