Hati-hati Jebakan Kenaikan Harga Emas!

Kenaikan harga emas belakangan ini mungkin disambut gembira pemilik emas karena sudah membayangkan keuntungan yang didapat jika emasnya dijual. Namun, sedikit yang memperhatikan kalau sebenarnya kenaikan harga emas tidak selalu berbanding lurus dengan harga jualnya.

Ketika membeli emas, kita cenderung hanya memperhatikan harga belinya saja. Jarang yang memperhatikan harga jualnya.

Jadi, ketika mendengar berita harga emas naik, banyak orang buru-buru menjual emasnya tanpa menghitung kemungkinan ruginya. Padahal produsen emas fisik di Indonesia biasanya membuat patokan harga yang dapat membuat kamu rugi sebagai investor.

Jika kamu perhatikan dengan seksama, persentase kenaikan harga beli dan jual sering dipatok berbeda oleh produsen emas fisik. Contoh, meskipun harga beli emas ikut naik ketika ada kenaikan harga emas dunia, harga jualnya tidak selalu mengikuti. Akibatnya, terjadi kerugian pada investasi kamu.

Inilah salah satu kelemahan atau risiko berinvestasi emas fisik. Tidak ada regulasi mengenai pengaturan harga sehingga produsen emas fisik bisa bebas mengatur harga jual maupun belinya.

Berbeda halnya jika kita berinvestasi pada emas di bursa seperti yang dilakukan oleh pluang. Pengaturan harga kami dibuat transparan mengikuti harga bursa sesuai peraturan BAPPEBTI, guna melindungi kamu sebagai investor.

Jadi, kapan kamu akan mulai menabung emas di pluang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *